IMB Meikarta Terbit dari IPPT Kadarlusa, DPMPTSP Kabupaten Bekasi Tunggu Pernyataan dari KPK

Proyek Meikarta.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi mengaku sudah melakukan rapat internal terkait kelanjutan perizinan proyek Meikarta.

Seperti diketahui, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) proyek Meikarta dikeluarkan persyaratan yang tidak sesuai. Soalnya, dalam mengajukan izin pihak PT Lippo Cikarang melalui PT Mahkota Sentosa Utama menggunakan Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) yang sudah lewat masa berlakunya atau kadarluasa.

Dengan IMB tersebut, mega proyek Meikarta hingga saat ini masih terus dikerjakan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi juga belum mengambil sikap terkait hal itu.

Kepala Bidang Perizinan dan Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengatakan Pemkab Bekasi masih menunggu keputusan inkrah dari proses hukum suap proyek Meikarta.

“Menyangkut Meikarta kami sudah rapat internal, itu tidak akan kita lanjuti semua proses administrasinya sebelum inkrah dan belum ada pernyataan dari KPK secara tertulis untuk melanjutkan atau tidak proses-proses perizinan Meikarta,” kata dia kepada djapos.com, Senin (18/03/2019).

Terkait IMB yang diterbitkan melalui IPPT yang kadarluasa, Said mengaku akan mengkaji lebih lanjut. Menurutnya, dalam perizinan Meikarta melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bekasi.

“Kita akan kaji lebih lanjut seperti apa tindak lanjutnya, seperti apa yang akan kita tempuh. Karena ini tidak semata-mata terkait DPMPTSP tapi terkait dengan Pemda Bekasi secara keseluruhan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan Satpol PP tidak bisa berbuat lebih jauh terkait persoalan IMB Meikarta yang tidak sesuai perturan.

“IMB tersebut sudah terbit, dan yang mempunyai kewenangan untuk membatalkan adalah perangkat daerah yang menerbitkan IMB tersebut. Sepanjang IMB tersebut tidak dibatalkan kita tidak bisa berbuat lebih jauh,” ucapnya.

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *