Kemensos Beri Bantuan PKH dan BNPT, Pemkab Bekasi Ucapkan Terimakasih

Cikarang Selatan, Djapos.com – Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 1.000 warga Kabupaten Bekasi, Kamis (4/4/2019).

Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dan 200 SDM pendamping bantuan di Gedung Serbaguna, Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan warganya. Eka berharap dengan bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban masyarakat dan jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Bekasi.

Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita (bersalaman dengan warga) bersama Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja (kemeja batik) menyalami warga yang menerima bantuan sosial.

“Jumlah keluarga miskin di Kabupaten Bekasi mencapai 500 ribu, untuk penerima bantuan PKH sekitar 65 ribu dan untuk BPNT itu sekitar 102 ribu. Tentunya ini akan mengurangi beban masyarakat, dan kami mengucapkan terimakasih atas bantuan ini, ” kata dia.

Menurut Eka, bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah pusat tentunya sangat berarti sekali bagi masyarakat miskin di Kabupaten Bekasi. Ia berharap bantuan tersebut bisa tetap sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang menerima.

“Penerima bantuan, manfaat berasal dari Kecamatan Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Pusat, Serang Baru, dan Kecamatan Setu. Tadi sesuai arahan Pak Menteri, nanti di setiap desa dan kelurahan bisa diumumkan penerima bantuan sosial PKH dan BPNT ini,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan  penyaluran bantuan sosia tersebut merupakan program pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan dan ketimpangan.

“Jumlah anggaran dan penerima bantuan juga sudah ditingkatkan. Program ini berkontribusi sangat besar terhadap angka kemiskinan di Indonesia. Bantuan ini dapat meringankan beban hingga 20 persen belanja pangan keluarga,” kata dia.

Agus menuturkan, Kabupaten Bekasi menerima bantuan PKH sebesar Rp 117 miliar serta BPNT sebesar Rp 35 miliar di periode April 2019. Untuk provinsi Jawa Barat kata dia, penerima PKH sebesar Rp 3 triliun dan BPNT sebesar Rp 755 miliar.

“Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kabupaten besar di Indonesia, makanya bantuan pemerintah pusat lebih tinggi dari wilayah lain. Kami akan mengupayakan kenaikan pada tahun mendatang,” ucapnya.

Reporter: Rz

Foto: Humas Pemkab Bekasi to Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *