1.374 Napi Nyoblos di Lapas Cikarang

Cikarang Pusat, Djapos.com – Sebanyak 1.374 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Cikarang mengikuti pemungutan suara pada pemilihan umum (pemilu) serentam Rabu (17/4/2019) di Gedung 1 Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung, Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiarta mengatakan jumlah WBP di Lapas Cikarang sebanyak 1.766 orang. Dari jumlah tersebut, WBP yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.374 orang.

“Selain WBP, 108 petugas Lapas juga menggunakan hak suaranya di sini (Lapas Cikarang). Jadi jumah keseluruhan pada hari ini yang menggunakan hak suaranya atau mengikuti pencoblosan sebanyak 1.482 orang,” kata dia.

Kadek menjelaskan, sejumlah 392 WBP di Lapas Cikarang tidak terdaftar dalam DPT. Sehingga tidak bisa mengikuti pemungutan suara pada pemilu kali ini.

“Dengan rincian 3 orang warga negara asing (WNA), 20 WBP dibawah umur dan 369 warga binaan yang berdomisili di luar Kabupaten Bekasi, serta WBP yang baru masuk setelah adanya penetapan DPT,” jelasnya.

Pelaksanaan pemungutan suara di Lapas Cikarang, sambung Kadek, dilaksanakan di enam tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disediakan, yaitu TPS 26, 27, 28, 29, 30 dan 31. Masing-masing TPS dilaksanakan oeh 9 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Sembilan orang KPPS terdiri dari 1 orang ketua dan 1 orang anggota dari desa serta 7 orang petugas Lapas,” ucapnya.

Pelaksanaan pemungutan suara di Lapas Cikarang juga dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Abdul Aris. Selain itu, dihadiri juga oleh perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan saksi-saksi,

Untuk Pengamanan pelaksanaan pemungutan suara di Lapas Cikarang dibantu oleh Polres Metro Bekasi, Polsek Cikarang Pusat dan Koramil XII Serang Baru serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi.

Reporter: Rz

Foto: Rz/Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *