Diduga Bagi-bagi Sembako, Caleg Partai Golkar Kabupaten Bekasi Potensi Gugur Pemilu

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Calon Anggota Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan (Dapil) 1 dari Partai Golkar, Sunandar berpotensi gugur sebagai kontestasi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hal itu dikatakan Koordinator Divisi Penindakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi Khaerudin, Senin (29/4/2019).

“Kami masih melakukan investigasi, kalau memang bersalah pasti gugur, dan itu tahapannya harus melalui sidang pengadilan. Dan Bawaslu juga tidak sendiri melainkan bersama penegak hukum terpadu. Yang terdiri dari Kejaksaan, dan Polisi,” kata Khaerudin saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sebelumnya diberitakan, Sunandar diduga melakukan politik uang berupa pembagian sembako saat berkampanye di Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan. Diduga, dilakukan bagi-bagi sembako kepada warga saat kampanye tersebut.

Dugaan pelanggaran Pemilu diketahui dari surat yang dikeluarkan Bawaslu Kabupaten Bekasi nomor 175/K-Bawaslu-JB-03/TU.03/IV/2019, hal undangan, tangal 27 April 2019.

Lebih lanjut Khaerudin menuturkan, Pelanggaran Pemilu, diatur pada undang-undan nomor 07 tahun 2017 tentang Pemilu, dimana pasal 280 ayat satu huruf c menyatakan setiap pelaksana atau peserta dilarang atau menjanjikan uang atau memberikan sesuatu. Sanksi nya pada pasal 521 dengan ancaman pidana dan denda.

“Apabila kita melakukan invistigasi berarti sudah ada dugaan pelanggaran,” ujarnya.

Untuk saat ini, Khaerudin sudah melakukan investigasi turun kelapangan memintai keterangan beberapa saksi. Dari beberapa saksi, pihaknya sudah menemukan adanya pembagian sembako saat kampanye Caleg dari Partai Golkar Sunandar berlangsung.

“Untuk sementara kami sudah mengetahui adanya dugaan pembagiaan sembako. Namun hal ini masih proses klarifikasi, dan besok (Selasa, 30/4/2019) kami akan lakukan pemeriksaan saksi yang melihat langsung,” kata dia.

Seperti diketahui, Sunandar merupakan Caleg incumbent dari Dapil 1 yang meliputi, Kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Serang Baru, Setu, Cibarusah dan Bojongmangu. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bekasi.

Rz-Djapos.com

Editor: Rz

Foto: Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *