Sambangi Kawasan Industri, Bupati Bekasi Minta Perusahaan Serap Tenaga Lokal

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja meminta kepada perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi untuk menyerap tenaga kerja lokal.

Hal itu dikatakan Eka saat melakukan kunjungan kerja bersama Dinas Tenaga Kerja sekaligus mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 9 Tahun 2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja, ke kawasan industri MM2100, Cikarang Barat, Rabu (26/6/2019).

Eka mengatakan permasalahan ketenagakerjaan menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang notabene merupakan salah satu daerah industri terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

“Persoalan ketenagakerjaan merupakan salah satu program prioritas,” ujarnya.

Eka menuturkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Satuaj Kerja Nasional (Sakernas) Tahun 2018, jumlah penduduk usia kerja di Kabupaten Bekasi sebanyak 2.652.913 jiwa dan memiliki jumlah angkatan kerja sebanyak 1.630.423 atau sebesar 61,46%. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.472.432 jiwa atau sebesar 90.31% telah bekerja, namun masih ada 156.991 jiwa atau sebesar 9,69% penduduk Kabupaten Bekasi yang berusia produktif masih belum bekerja,” kata Eka.

“Saya akui bahwa masalah pengangguran itu terjadin hampir disetiap wilayah, bukan saja di Kabupaten Bekasi. Namun saya bersama jajaran akan terus berupaya melakukan langkah langkah kongkrit untuk mengatasi itu” kata Eka.

Ia menambahkan dengan diterbitkannya Perbup tentang Perluasan Kesempatan Kerja ini diharapkan perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi dapat mengimplementasikan hal hal yang telah diatur didalammya. Seperti penyerapan sebanyak banyaknya tenaga lokal, dan laporan secara berkala yang dilakukan perusahaan mengenai pelaksanaan kegiatan atau program perluasan kesempatan kerja setiap bulannya.

“Mudah mudahan melalui forum sosialisasi ini dapat dijadikan awal yang baik untuk sama sama berkomitmen baik pemerintah maupun swasta dalam membangun Kabupaten Bekasi yang kita cintai,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi, Edi Rohyadi mengatakan dari hasil kujungan tersebut terdata sekitar 523 lowongan kerja. Menurutnya, hal itu berkat komunikasi yang dibangun antara Bupati dengan pengusaha di kawasan MM 2100.

“Mudah-mudahan pada kujungan di kawasan industri lainnya juga didapatkan lowongan kerja yang nantinya dapat dimanfaatkan bagi warga masyarakat bekasi,” kata dia.

Untuk diketahui, kunjungan yang dilakukan Bupati Bekasi ini merupakan kunjungan kerja pertamanya ke kawasan-kawasan industri. Usai melakukan pertemuan dengan para pengelola kawasan, Eka juga meninjau pelaksanaan produksi di salah satu pabrik kosmetik di kawasan MM2100.

Rz – Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *