Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Saksi Kasus Suap Proyek Meikarta Terpilih Jadi Ketua Partai

Bekasi, Djapos.com – Salah satu saksi kasus suap perizinan proyek Meikarta, Soleman terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Bekasi periode 2020-2025. Ia terpilih melalui Konferensi Cabang (Konfercab) yang digelar PDI Perjuangan di Hotel Aston Imperial, Kota Bekasi, Minggu (14/7/2019).

Untuk diketahui, Soleman merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Darerah (DPRD) Kabupaten Bekasi periode 2014-2019 yang namanya turut diseret salah satu terpidana kasus suap proyek Meikarta , Neneng Rahmi Nurlali, Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi. Neneng Rahmi saat itu mengurusi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) proyek Meikarta yang dibahas di DPRD Kabupaten Bekasi dan dilanjutkan ke Pemprov Jabar.

Dalam persidangan, majelis hakim menyebut adanya uang yang diterima Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa. Hakim menyatakan Iwa menerima Rp 1 miliar guna pengurusan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi. Dalam putusan hakim yang dibacakan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (29/5/2019) lalu, hakim menyebut pemberian terhadap Iwa dilakukan oleh Neneng Rahmi Nurlaili yang selanjutnya uang tersebut diberikan kepada Iwa Karniwa melalui Waras Wasisto (anggota DPRD Jawa Barat) dan Soleman (anggota DPRD Kabupaten Bekasi).

Selain pernah diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi, Soleman juga pernah dihadirkan menjadi saski pada saat persidangan kasus tersebut di pengadilan Tipikor Bandung.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Barat, TB Hasanuddin mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan status Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Soleman yang merupakan saksi dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta. “Selama dia masih saksi tak ada masalah,” kata TB Hasanuddin kepada djapos.com melalui pesan singkatnya, Sabtu (14/7/2019).

Ia juga berpesan kepada ketua terpilih agar membawa roda partai ke arah lebih baik lagi. “Selamat bagi yang terpilih, semoga amanah dan mampu membawa  roda partai ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

Rz – Djapos.com
Editor: Rz
Foto: istimewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *