Komisi I DPRD Minta Pemkab Bekasi Bangun Sistem Kepegawaian yang Kokoh 5/5 (4)

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk membangun sistem kepegawaiaan yang kokoh sesuai dengan arah kebijakan nasional.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Danto mengatakan, untuk membangun sistem kepegawaian yang kokoh di lingkungan Pemkab Bekasi, kebijakan dan manajemen sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) harus berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil.

”Pengorganisasian perencanaan ASN harus didasarkan pada fungsi organisasi melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja. Selain itu, penempatan posisi juga harus sesuai dengan talent yang terbaik pada tempatnya. Ambil talent terbaik lalu posisikan pada tempatnya,” kata dia, Selasa (16/7/2019).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Danto (Rz/djapos.com)

Menurut Danto, pemilihan talent terbaik dalam melakukan promosi dan rotasi bisa dilakukan dengan cara telent mapping melalui assessment center yang distandardisasi oleh Badan Kepegawaian Nasioanal (BKN), sehinga setiap organisasi perangkat daerah (OPD) perlu membentuk asesor internal untuk mendapatkan talent terbaik.

“Temukan potensi bakat serta kemampuan pegawai dalam melakukan promosi dan rotasi. Artinya dari bakat yang ada harus dilihat juga mampu nggak orang tersebut bekerja di tempatnya. Kalau tidak mampu jangan dipaksakan. Jadi ada manajemen untuk setiap penugasan pada jabatan baru,” ujarnya.

Hanya saja sambung Danto, semua itu tergantung dari kemauan pemimipin ASN Pemkab Bekasi yakni, Bupati Bekasi untuk membangun sistem kepegawaian yang kokoh. Ia juga meminta Pemkab Bekasi dalam mengisi posisi-posisi strategis dan jabatan yang kosong bukan karena faktor kedekatan terlebih mengutamakan praktik jual beli jabatan.

“Kalau sistem ini sudah terbangun tidak akan ada lagi polemik rotasi mutasi jabatan, karena analisa kebutuhan dan penempatan sudah diatur by system. Dengan sistem kepagawaian yang kokoh maka pelayanan kepada publik dan pembangunan di Kabupaten Bekasi bisa berjalan dengan baik. Tentunya itu harapan masyarakat dan kita semua,” ucap Danto.

Rz – Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Rz/Djapos.com

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *