Serapan Anggaran Baru Mencapai 4,43 Persen, Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan 5/5 (2)

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Realisasi serapan anggaran Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi menjadi yang paling terendah. Hingga 12 September atau triwulan ketiga, realisasi serapan anggaran Dinas Pendidikan baru mencapai 4,43 persen. Padahal Dinas Pendidikan menargetkan realisasi anggaran sebesar 48,16 persen.

Untuk diketahui anggaran Dinas Pendidikan pada Alokasi Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tahun 2019 sebesar Rp 346.495.489.287. Dari jumlah tersebut, target penyerapan anggaran pada triwulan ketiga sebesar Rp 166.881.065.600 atau realisasi keuangan sebesar 48,16 persen dan realisasi fisik sebesar 88,45 persen sehingga deviasi anggaran sebesar 43,73 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda mengakui serapan anggaran di dinas yang dipimpinnya saat ini masih jauh dari target. Ia beralasan saat ini pihaknya masih dalam proses pengadaan barang.

“Yang pertama yang besar itu berkaitan dengan Sertifikasi, itu setiap bulan itu jalan pencairan. Jadi sekali pencairan itu kan sekitar Rp 70 miliar atau berapa. Terus yang kedua sekolah-sekolah dalam pemberian dana Bosda (Bantuan Operasioanal Sekolah Daerah agak lambat, tapi sudah kita pacu. Kemudian realisasi belanja meubelair. Ini kan kita e-katalog, kalau informasi dari kawan-kawan yang mengelola (e-katalog) di bidang sarana bulan yang akan datang sekitar Rp 30 Miliar akan terserap,” kata Carwinda saat dihubungi djapos.com, Jumat (13/9/2019).

Meski demikian, Carwinda mengaku rendahnya penyerapan anggaran pada APBD Dinas Pendidikan akan menjadi evaluasi pihaknya.

“Jadi nggak mungkin belanja barangnya nggak ada tapi dibayar, kan nggak bisa juga. Artinya pengadaan barangnya sedang proses. Memang tahun depan menjadi evaluasi saya sebagai orang baru agar sesuai dengan aliran kas dalam anggaran. Cuma yang agak ragu-ragu pada kepala sekolah yang baru mendapatkan Bosda pengelolaannya agak ribet dia, artinya kita akan pacu terus perkembangannya,” ucap dia.

Rz- Djapos.com
Editor: Rz
Foto: ilustrasi/ist

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *