Soal Rendahnya Serapan Anggaran, Bupati Bekasi: Kalau Kinerjanya Lemah Kita Akan Beri Sanksi

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja berjanji akan mengambil sikap tegas kepada bawahannya yang tidak maksimal dalam menyerap anggaran. Eka mengaku sudah mengintruksikan kepada semua perangkat daerah untuk meningkatkan kinerja.

“Sudah saya intrksikan agar semua perangkat daerah dalam rangka penyerapan anggaran harus ditingkatkan,” kata Eka usai menggalar rapat bersama perangkat daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, di ruang rapat Bupati, Selasa (17/9/2019).

Sebelumnya diberitakan, serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tahun 2019 mengalami deviasi capaian sebesar Rp 2.428.209.520.273 atau 33,77 persen. Hal itu lantaran masih rendahnya penyerapan anggaran di sejumlah perangkat daerah. Padahal saat ini sudah mau memasuki triwulan terakhir atau ke empat.

Hingga 12 September serapan anggaran belanja langsung dan tidak langsung baru mencapai 35,27 persen. Padahal target serapan anggaran untuk triwulan ke tiga atau akhir September sebesar 73,04 persen. Yang menjadi perhatian adalah realisasi keuangan belanja langsung yang baru mencapai 20,64 persen dari yang ditargetkan 67,83 persen. Sedangkan untuk belanja tidak langsung 52,56 persen dari target 79,19 persen.

Dari rendahnya serapan anggaran tersebut,  Eka juga berjanji akan memberi sanksi tegas kepada bawahannya yang tidak maksimal dalam menyerap anggaran. Namun demikian ia tidak menjelaskan sanksi apa yang akan diberikan.

“Kalau memang kinerjanya lemah kita akan beri sanksi. Bentuk apa sanksinya nanti lihat sendiri,” kata dia.

Rz – Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *