Kerjasama Informasi, Pemkab Bekasi Teken MoU dengan LKBN Antara 5/5 (1)

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi  menjalin kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Media Komunikasi Publik dengan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. Penandatanganan MoU mengenai Penyebarluasan Informasi dan Potensi Daerah itu ditandatangani langsung oleh Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dengan Direktur Utama PT IMQ Multimedia Utama Antara, Darmadi di ruang rapat Bupati, Jumat (15/11/2019). 

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan dalam waktu dekat, videotron ‘Layar Indonesia’ akan hadir di ruang publik. Dengan melihat video layar berukuran raksasa (4×8 meter) warga dapat mengakses informasi seputar perkembangan Kabupaten Bekasi sembari melakukan aktivitas saat berada di ruang publik.

“Saat ini masih kami survey lokasinya. Rencananya satu akan dipasang di Tambun dan satu lagi sedang kita cari lokasinya. Media layanan informasi publik ini sekaligus menjadi jawaban atas peningkatan pelayanan dan kualitas Kabupaten Bekasi,” katanya. 

Videotron tersebut akan menampilkan informasi, berita, serta konten-konten terkait Kabupaten Bekasi yang dimuat dalam aneka format, mulai dari teks, foto, serta audio visual dengan porsi lebih banyak dibandingkan konten dari daerah lain.

Begitu juga sebaliknya, konten Kabupaten Bekasi juga akan turut disiarkan di titik pemasangan videotron lainnya yang kini telah hadir di Jakarta, Serang, Kabupaten Bogor, dan sejumlah daerah lainnya.

“Porsinya kalau tidak salah konten kita 40 persen, 60 persen dari Antara yang akan diisi seputar informasi daerah lain hingga mancanegara karena jaringan Antara ini memang sangat luas,” ucap Eka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Rohim Sutisna mengatakan selain media videotron, Antara digital media juga menginstal informasi publik seputar Kabupaten Bekasi di sejumlah media indoor.

“Sudah diinstal di Stasiun Tambun, Cibitung, dan Stasiun Cikarang. Dalam waktu dekat akan dipasang juga di RSUD, Disdukcapil, dan tempat layanan publik lainnya,” katanya.

Rohim menjelaskan segala konten yang berkaitan dengan Kabupaten Bekasi dapat tersosialisasi secara luas dengan adanya kerja sama ini. Karena media digital ini disiapkan hadir sedikitnya 500 kota dan kabupaten se-Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama,  Dirut PT IMQ Multimedia Utama Antara, Darmadi mengatakan, kerja sama dalam penyebarluasan layanan informasi publik akan dilaksanakan dalam bentuk pemasangan media publik baik “indoor” maupun “outdoor” di seluruh Indonesia, berupa megatron.

“Indoor dipasang pada rumah sakit maupun tempat-tempat kerumunan publik sehingga pesan dari kepala daerah dan dinas-dinas bisa tersampaikan ke masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, konten pada megatron yang akan ditayangkan sebanyak 40 persen dari Pemerintah Kabupaten/Kota, sedangkan 60 persennya pesan dari LKBN Antara yang isinya tentang informasi dari kabupaten/kota lain.

Dengan demikian, masyarakat Kabupaten/Kota bisa tahu kejadian dan mendapatkan informasi dari kota-kota lain, seperti dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya. Selain itu, sebagian informasi dari Kabupaten/Kota akan dipublikasikan juga melalui jaringan-jaringan media yang ada di Indonesia dan 52 perwakilan negara asing.

“Kerja sama ini tidak hanya berskala nasional, akan tetapi juga berskala internasional karena kami juga bekerja sama dengan kantor-kantor berita luar negeri,” ujarnya.

Dengan telah disepakatinya kerja sama tersebut, media digital Antara akan mengisi sejumlah informasi ruang publik yang berada di wilayah di Kabupaten Bekasi.

Rz
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *