Bapenda Kabupaten Bekasi Sosialisasikan Alat Perekam Data Transaksi Pajak 5/5 (1)

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan sosialisasi pemasangan alat perekam transaksi pajak, Senin (18/11/2019).Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Wibawamukti, Perkantoran Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat itu dilakukan sebagai tindak lanjut anjuran Koordinator Supervisi dan Pencegahan (Koorpsugah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia untuk menekan kebocoran di sektor pajak seperti, hotel, restoran, hiburan dan parkir.

“Kita akan pasang sebanyak 200 alat di beberapa titik lokasi, namun akan dilakukan survei terlebih dahulu setelah sosialisasi ini. Dengan dipasangnya alat ini kami berharap dapat menambah pendapatan daerah dari sektor pajak,” kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja kepada wartawan usai membuka sosialisasi.

Eka mengatakan pemasangan alat transaksi pajak rencananya dilakukan secara manual. Menurutnya pada tahap pertama sebanyak 200 alat dipasang dari total 560 wajib pajak (WP).

“Kedepan mungkin penambahan pemasangan alat akan dilakukan bekerjasama dengan Bank BJB untuk memasang di beberapa titik seperti di restoran, hotel, hiburan serta parkir. Jika alat ini sudah terpasang, tentu akan ada peningkatan yang signifikan dari sektor pajak,” kata dia

Sementara itu, Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi  menuturkan, dengan adanya sosialisasi kepada WP, diharapkan optimalisasi peningkatakan pendapatan pajak asli daerah (PAD) dari sektor wajib pajak seperti, hotel, restoran, hiburan dan parkir. 

Hari ini sosialisasi dilakukan kepada 200 WP dan sisanya akan digelar pada Selasa (19/11/2019) yang diikuti sekitar 368 WP. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Kopsurgah KPK,” katanya.

“Sebenarnya dari tahun 2016 rencana ini diminta dan alat perekaman dapat operasionalkan. Pada tahun ini kita uji coba kan dan mudah-mudahan pada tahun 2020 sudah terpasangan keseluruhan,” sambung Herman.

Rz
Editor: Rz
Foto: Rz

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *