Peringatai HKN, 30 Driver Ambulance se-Kabupaten Bekasi Ikuti Lomba Bantuan Hidup Dasar

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Sejumlah 30 driver ambulance Puskesmas, UPTD Kesehatan dan rumah sakit se-Kabupaten Bekasi mengikuti lomba Bantuan Hidup Dasar (BHD). Kegiatan yang diselenggarakan Public Safety Centre (PSC) Kabupaten Bekasi, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) itu dilaksanakan diKantor Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (25/11/2019).

Pelaksanaan lomba tersebut tindaklanjut dari pelatihan yang sebelumnya digelar di Hotel Grand Cikarang. Sehingga lomba ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan driver ambulance dan bermutu masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Wawan Hermawan mengatakan, lomba BHD untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan driver ambulance.

Caranya melalui materi perundangan yang mengatur penggunaan ambulance di jalan raya. Serta dekontaminasi ambulance, materi dan praktik BHD, pembidaian dan transfer pasien.

“Ini merupakan tindak lanjut atau implementasi sejauh mana pemahaman dan keterampilan teman-teman ketika kemarin sudah diberikan pelatihan,” katanya.

Wawan mengatakan, pengadaan ambulance merupakan salah satu langkah yang tepat dalam menangani problem masyarakat. Khususnya terkait dengan keterbatasan dalam mengakses fasilitas kesehatan.

Hal ini sebagai perwujudan peningkatan skill dan pengetahuan keamanan dan keselamatan sebagai driver ambulance.

“Driver ambulance mempunyai kekhususan tersendiri dari pada driver yang lain. Faktor safety menjadi faktor yang istimewa dan keamanan menjadi faktor yang utama. Melalui kegiatan ini, harapannya kita dapat menjadikan peserta yang hadir menjadi driver yang smart, mampu memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Driver ambulance juga diharapkan menjadi driver ujung tombak. Artinya selalu siap 24 jam dan dapat bertanggung jawab, terutama masalah mobil ambulance.

“Mereka kita bekali juga kemampuan untuk menolong pasien pada saat kondisi gawat darurat,” ucap dia.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *