Pemkab Bekasi Akan Tingkatkan Peran dan Fungsi Posyandu

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) berupaya meningkatkan kinerja layanan dan strata posyandu. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Penguatan Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat DPMD Kabupaten Bekasi Mien Aminah saat menggelar rapat Pojaknal di Hotel Primebiz, Cikarang Selatan, Jumat (3/1/2020).

“Melalui Pokjanal dan unit-unit posyandu se-Jawa Barat diharapkan dapat terwujudnya pembinaan posyandu di Provinsi Jawa Barat oleh kelembagaan atau Pokjanal Kabupaten atau Kota secara intregatif, efektif dan efisien serta dapat meningkatkan jumlah posyandu yang berstrata mandiri,” kata dia.

Diketahui, dalam rapat yang mengusung tema “Revitalisasi Posyandu Kita Tingkatkan Posyandu Menjadi Posyandu Multifungsi” itu Pojaknal juga membahas daba hivah Revitalisasi Posyandu Jawa Barat untuk Kabupaten Bekasi. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bekasi, Juhandi mengatakan, posyandu selama ini telah berperan penting dalam memperluas dan meningkatkan akses pelayanan keluarga berencana, dan terbukti mampu menjalankan fungsi untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

“Tentunya rapat koordinasi ini harus mengarah kepada peningkatan peran dan fungsi posyandu, agar bisa lebih membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” katanya.

Menurut Juhandi, posyandu merupakan organisasi sosial yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kesehatan serta mendorong ekonomi keluarga dengan tujuan memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapat pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dari dan oleh masyarakat.

“Saya menyambut gembira rakor pokja hari ini, mudah-mudahan saja dengan adanya rakor ini kita dapat meningkatkan mutu pengelolaan posyandu tersebut, juga agar masyarakat mampu menolong dirinya sendiri melalui pengenalan dan penyelesaian masalah kesehatan secara lintas program dan lintas sektor terkait,” ucap Juhandi.

Ia mengaku terkesan dengan kepedulian kader posyandu yang konsisten dengan memberi makanan tambahan untuk masalah penanganan gizi buruk melalui program peningkatan strata posyandu dan mandiri menjadi 60%. Terlebih Kabupaten Bekasi telah mendapat penghargaan posyandu awards tingkat Jawa Barat pada 2019 lalu.

“Tetapi perlu di ingat, bukan predikat juara yang kita kejar, melainkan bagaimana posyandu di Kabupaten Bekasi mampu berperan untuk memperluas akses pelayanan kesehatan dan keluarga berencana, dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia keluarga dan masyarakat seluruh Kabupaten Bekasi,” tutupnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari SKPD, dan Pokjanal se-Kabupaten Bekasi ini juga sekaligus dirangkaikan dengan pemberian bantuan dana hibah revitalisasi posyandu Jawa Barat kepada Kabupaten Bekasi secara simbolis ke Pokjanal Posyandu Kecamatan Tambelang, kelompok Posyandu Puskesmas Cibitung, dan Pokja Posyandu Desa Cikarang Utara.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *