Program Rp 1 Miliar 1 Desa, Bupati Bekasi Tekankan Pemerataan Pembangunan

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memfokuskan pada pembangunan infrastruktur terintegrasi yang berwawasan lingkungan.

“Pemerataan pembangunan di Kabupaten Bekasi khususnya disetiap desa merupakan salah satu hal yang penting, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi. Untuk memeratakan pembangunan tentunya pemerintah sudah menyiapkan program-program yang mendukung pembangunan infrastruktur, salah satunya Rp 1 Miliar Satu Desa,” kata Eka pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Tarumajaya di gedung PGRI Tarumajaya, Senin (3/2/2020).

Tidak hanya program Rp 1 Miliar Satu Desa saja, Eka juga meminta seluruh perangkat daerah untuk melakukan tindak nyata perbaikan sarana dan prasarana sekolah yang tidak layak di Kabupaten Bekasi.

“Saya tekankan kembali, Musrenbang ini jangan hanya dijadikan ajang seremoni saja untuk semua camat, lurah dan para kepala desa. Tapi didukung dengan adanya tindak nyata dan pemerataan pembangunan,” ucapnya.

Eka menekankan kepada dinas-dinas terkait agar melakukan pendataan. Dikatakan Eka terdapat berapa banyak sekolah yang tidak layak dan butuh perbaikan agar menjadi prioritas dinas terkait untuk memperbaikinya.

“Mohon untuk didata, ada berapa banyak sekolah yang tidak layak. Untuk menjadi priorotas pemerintah untuk diperbaiki. Jangan hanya terfokus untuk membuat sekolah baru saja, tetapi kita juga harus memperhatikan sekolah-sekolah yang sudah tidak layak untuk diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, Camat Tarumajaya Sigit Andrian menyambut baik program yang akan diusulkan oleh Bupati Bekasi guna pemerataan pembangunan di Kabupaten Bekasi.

Sigit mengatakan, selain pemeliharaan sekolah dasar yang tidak layak, kedepannya di Kecamatan Tarumajaya juga akan ada pembangunan pintu tol Cibitung-Cilincing akan dibangun di Kampung Tanah Baru, Kecamatan Tarumajaya. Hal ini tentunya akan memberikan dampak tersendiri yaitu kemacetan.

“Tentunya saya berharap program infrastruktur terintegrasi yang berwawasan lingkungan dengan Rp 1 Miliar Satu Desa dapat memberikan dampak yang signifikan untuk pembangunan Kabupaten Bekasi terutama di Kecamatan Tarumajaya,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja melakukan blusukan dengan melihat kondisi bangunan gedung SD Negeri Samudera Jaya 04 di Desa Samudera Jaya, Tarumajaya. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bekasi berbincang sekaligus memberikan semangat kepada para siswa dan guru SD Negeri Samudera Jaya 04 untuk tetap semangat belajar meskipun dalam keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Dirinya mengatakan bahwa Pemkab Bekasi akan segera memperbaiki gedung sekolah tersebut dalam waktu dekat.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *