Bapenda Kabupaten Bekasi Luncurkan Aplikasi IPBB, Tagihan PBB Bisa Dilihat via Handphone

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Masyarakat Kabupaten Bekasi kini bisa lebih cepat dan mudah mengetahui besaran nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Soalnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) telah telah merilis sistem aplikasi Informasi Pajak Bumi dan Bangunan (iPBB).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pembukuan Bapenda Kabupaten Bekasi, Akam Muharam mengatkan, dengan aplikasi itu, wajib pajak (WP) nantinya bisa melakukan pengecekan tagihan PBB secara online.

“Dengan aplikasi ini memudahkan pemilik tanah dan bangunan untuk mencari tahu berapa besaran PBB yang wajib dibayarkan,” katanya, Jumat (14/2/2020). Akam mengungkapkan, dengan mengunduh aplikasi iPBB melalui Google Play Store di handphone android kemudian memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP), maka akan diketahui informasi tentang tagihan PBB. Wajib Pajak (WP) kemudian bisa langsung membayar pajak secara tunai atau sistem transfer melalui Bank BJB.

“WP enggak perlu ribet lagi datang mengecek tagihan PBB ke kantor Bapenda, cukup gunakan aplikasi iPBB saja biar lebih gampang dan hemat waktu,” ucap dia.

Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi Herman Hanafi menambahkan target pendapatan daerah pada sektor PBB tahun ini mencapai Rp553 miliar. Pihaknya optimistis target tersebut bisa terealisasi 100%. Apalagi, saat ini sudah ada kemudahan.

“PBB ini merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang cukup potensial sebagai sumber pembiayaan kegiatan pemerintahan. Sektor ini berkontribusi terhadap pendapatan daerah kurang lebih 20%,” kata dia.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Rz/Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *