Hari Pertama Seleksi CPNS Kabupaten Bekasi, 2.000 Peserta Ikuti Tes SKD

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) peserta Calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dimulai hari ini, Jum’at (14/2/2020). Pada hari pertama, sebanyak 2.000 peserta mengikuti SKD yang digelar di Telkom University Convention Hall Tuch, Bandung – Jawa barat.

“Hari ini tanggal 14 Februari 2020 terbagi menjadi dua sesi yaitu, sesi III dan IV. Selanjutnya pada tanggal 15 dan 16 Februari akan terbagi menjadi lima sesi. Setiap sesi akan berlangsung selama 90 menit, dan para peserta diwajibkan hadir 90 menit sebelum jam ujian dimulai,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Alisyahbana.

Ia mengatakan seluruh peserta seleksi CPNS Kabupaten Bekasi mengikuti tes secara bertahap, pada tahap pertama diikuti kurang lebih 2.000 peserta yang terdiri dari dua sesi. Seluruh peserta tes CPNS, kata dia harus mengikuti tes dengan pengerjaan sistem tes secara komputerisasi atau computer assisted test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Tes SKD itu sendiri terdiri dari tiga tes yakni, tes karakteristik pribadi (TKP), tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes intelegensi umum (TIU) yang seluruhnya berjumlah 100 soal dengan waktu yang tersedia setiap sesi selama 1,5 jam. Dan mereka yang lolos dalam tes SKD ini akan diuji kembali pada seleksi kompetensi bidang (SKB),” ujarnya

Selain didominasi oleh calon guru dan tenaga kesehatan, Alisyahbana mengatakan, terdapat 15 peserta SKD untuk formasi khusus jalur disabilitas. Untuk tenaga kependidikan sebanyak 299 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 56 formasi dan terakhir tenaga teknis sebanyak 109 formasi.

“Saya berpesan kepada peserta yang mengikuti tes SKD ini harus percaya diri dalam menjawab soal, cermat dan tenang dalam berpikir.  Semoga dapat berhasil lolos ketahap selanjutnya. Serta harapan saya tentunya semua berjalan lancar hingga selesai, dan menghasilkan ASN yang berkualitas,” ucapnya. 

Salah seorang peserta CPNS dari Kabupaten Bekasi yang mengambil formasi pengajar (guru pertama) Fitria Nuraini mengaku senang karena bisa lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan nilai yang cukup memuaskan dan masuk passing grade. 

“Alhamdulillah berkat usaha, doa dan ikhtiar, saya bisa mengerjakan tes SKD ini dengan lancar, yang penting harus percaya diri,” katanya.

Ia menyampaikan beberapa tips bagi peserta CPNS lainnya agar tetap optimis agar dapat menyelesaikan soal soal ujian dan berharap lolos seleksi. 

“Jangan terpaku dengan waktu, yang penting kita bisa mengerjakan soal tersebut dengan sebaik mungkin dan setotal mungkin dan insyaallah hasilnya akan maksimal,” ucap Fitria.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *