Dalam Tahap Finishing, Pemkab Bekasi Pastikan Minggu Depan SDN 04 Samudrajaya Sudah Bisa Digunakan

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan sekolah dasar negeri (SDN) 04 Samudrajaya dapat digunakan kembali minggu depan. Soalnya perbaikan yang dilakukan saat ini memasuki tahap finishing.

Seperti diketahui, plafon di ruang kelas VI SDN 04 Samudrajaya yang berada di Kecatamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi ambruk. Menurut pihak sekolah plafon ambruk pada Minggu (2/2/2020) pagi. Akibat ambruknya plafon kelas, para siswa kelas VI terpaksa belajar lesehan di lorong sekolah.

“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan minggu depan siswa sudah belajar di kelas yang sudah diperbaiki,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bangunan Negara Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro, Rabu (19/2/2020).

Benny mengatakan, perbaikan yang dilakukan pihaknya saat ini berupa perbaikan empat ruang kelas. Menurut dia, dua ruang kelas sudah bisa digunakan untuk belajar mengajar pada Senin 24 Februari mendatang.  

“Untuk rehab yang saat ini sedang dikerjakan terdiri dari empat ruang kelas dengan jenis pekerjaan perbaikan rangka dan penutup atap, perbaikan plafond, perbaikan sebagian kusen dan perbaikan sebagian lantai serta pengecatan. Sekarang tinggal finishing saja,” ucapnya.

Anggaran yang digunakan untuk perbaikan SDN 04 Samudrajaya, jelas Benny sebesar Rp 200 juta. Anggaran itu bersumber dari anggaran tanggap darurat bencana banjir dalam Anggaran Pendatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tahun 2020 .

“ini merupakan jawaban atas keinginan segera dari beberapa masyarakat khususnya murid SD disekolah tersebut tentang kebutuhan akan ruang belajar yang memadai,” kata dia.

Perbaikan secara menyeluruh sambung Benny, akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang dengan nilai anggaran sebesar Rp 1,6 miliar.

“Untuk menghindari bangunan terendam banjir di musim penghujan maka bangunan rehab total direncanakan penaikan urugan kurang lebih 80 cm, sehingga dengan demikian kebutuhan akan infrastruktur ruang kelas akan terpenuhi secara optimal,” ujarnya.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *