Bupati Bekasi Tinjau Warga yang Terdampak Banjir

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Menyikapi persoalan banjir yang melanda warga Kabupaten Bekasi, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meninjau langsung masyarakat yang terkena musibah banjir di Desa Labansari, Kecamatan Cikarang Timur dan Kampung Bojong, Kecamatan Kedungwaringn, Rabu (26/2/2020).

Kedua wilayah itu merupakan perbatasan antara Kecamatan Cikarang Timur dengan Kecamatan Kedungwaringin.

Eka mengatakan, terhadap bencana banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Bekasi, pemerintah daerah menanggapi cepat dan merespon agar kebanjiran yang terjadi dinaikkan statusnya dari siaga menjadi status tanggap darurat.

“Saya akan terus bergerak beserta BPBD Kabupaten Bekasi dan juga unsur muspida terkait dengan penanganan banjir evakuasi, penyelamatan sekaligus penyediaan bahan pokok yang nantinya diberikan kepada masyarakat yang saat ini memang terdampak banjir,” katanya.

Menurut Eka, intensitas hujan dan naiknya air pada beberapa sungai yang ada di Kabupaten Bekasi mengakibatkan hampir 20 Kecamatan terendam banjir. Terdapat 4 Kecamatan yang terdampak banjir cukup parah, yakni Kecamatan Setu, Kecamatan Cibitung, Kecamatan Tarumajaya dan Kecamatan Babelan.

“Terkait hal itu kami menyiapkan langkah-langkah guna penyelematan warga yang terkena banjir sekaligus bagaimana memeriksa kesehatan warga yang ada di pengungsian. Mulai dari evakuasi hingga penyaluran bantuan kepada warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Pemerintah daerah, kata Eka, juga menyediakan dapur umum dan itu dilengkapi dengan kesehatan, serta penyaluran bantuan berupa makanan dan pakaian sudah dilakukan sejak kemarin.

“Semoga kondisi ini tidak berlangsung lama dan banjir segera surut. Saya akan terus berkoordinasi dengan unsur Muspida dan Muspika agar bantuan dapat disalurkan dengan cepat dan cukup ke semua kecamatan yang keadaannya terkena banjir,” ucapnya.

Pemerintah daerah, ungkap Eka, juga akan mengantisipasi dengan cara menginventarisir tanggul-tanggul yang rentan. menurutnya akan ada penguatan -penguatan dengan cara memberikan karung-karung yang berisikan tanah.

Mengenai status Tanggap Darurat berfungsi agar pemerintah pusat dapat memberikan bantuan bagi daerah yang ditetapkan statusnya menjadi tanggap darurat. “Saya menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan juga waspada genangan air yang semakin tinggi,” katanya.

Rz-Djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *