Fasilitasi Layanan Video Call, Rutan Perempuan Bandung Hentikan Kunjungan Cegah Covid-19

Bandung, Djapos.com – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Bandung menghentikan kunjunguan bagi keluarga atau kerabat warga binaan. Hal itu dilakukan guna melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

“Untuk penanggulangan dan penyebaran covid-19 ini, Rutan Perempuan Bandung meliburkan atau meniadakan kunjungan. Dimulai pada hari ini, Selasa 17Maret 2020 hingga 14 hari kedepan,” kata Kepala Rutan Kelas IIA Bandung, Lilis Yuaningsih, Selasa (17/3/2020).

Kendati diberhentikan, pihak keluarga tetap diperbolehkan berkomunikasi dengan warga binaan melalui fasilitas video call yang disediakan pihak rutan.

“Layanan vidio call yang diberikan Rutan Perempuan Bandung ini agar warga binaan masih tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga,” ucap Lilis.

Sebagai upaya pencegahan covid-19, Rutan Perempuan Bandung juga memberhentikan kegiatan yang mendatangkan tamu. Selain itu, warga binaan pun diberi pengertian dan pemahaman akan pentingnya memutus rantai penularan virus corona.

“Kami bekerjasama dengan puskesmas tentang pencegahan covid-19. Seperti etika batuk dan bersin yg benar. Kemudian cara pemakaian masker yang benar dan cara cuci tangan yang benar menurut WHO. Warga binaan harus termotivasi untuk memprotect dirinya agar tidak terkena covid-19,” ujarnya.

Selain warga binaan, sambung Lilis, seluruh pegawai Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung juga mengikuti kegiatan teleconference pencegahan covid-19 yang disiarkan secara langsung dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Jawa Barat.

“Senin (16/3/2020) kemarin kami mendapat arahan dari Kanwil Kemenkumham Jawa Barat. Dalam arahannya, kepala kanwil menginstruksikan agar melengkapi keperluan pencegahan seperti, banner sosialisasi mencuci tangan, perseidaan hand sanitozer di ruang pendaftaran, masker, antiseptik dan termometer,” tutupnya.

Rz-djapos.com
Editor: Rz
Foto: Dok Rutan
Perempuan Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *