Cegah Covid-19, Pemkab Bekasi dibantu PMI Semprotkan Disinfektan Ke Ruang Publik

Kabupaten Bekasi, Djapos.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melakukan penyemprotan cairan desinfektan ruang-ruang publik, Sabtu (21/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai upaya pencegahan virus corona (covid-19).

“Kami bekerjasama dengan Pemkab Bekasi melakukan penyemprotan desinfektan guna mencegah penularan virus corona yang sedang ramai,” kata Petugas Posko PMI Kabupaten Bekasi, Amin.

Untuk diketahui, hingga 21 Maret 2020 sebanyak 450 orang di Indonesia dinyatakan positif covid-19. Masyarakay pun diminta untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya masing-masing.

Menurut Amin, penyemprotan desinfektan dapat dikatakan efektif bila masyarakat juga ikut membantu menjaga kebersihannya secara berkala dan mandiri.

“Tim PMI akan melakukan penyemprotan desinfektan satu kali, namun harus tetap dimonitoring oleh masyarakat secara mandiri, yaitu dengan menjaga kebersihannya sendiri,” ujarnya.

Saat ini, Amin mengatakan, PMI Kabupaten Bekasi fokus melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum, seperti fasilitas Ibadah, sekolah, kesehatan, maupun gedung pemerintahan.

“Untuk sekarang, fokus kami hanya di fasilitas umum terlebih dahulu. Tapi jika ada fasilitas umum yang belum dilakukan penyemrotan desinfektan, dapat menghubungi PMI Kabupaten Bekasi dengan mengirimkan surat permohonan ke kami,” ucap Amin.

Ia menuturkan, surat permohonan dapat dikirimkan langsung ke kantor PMI Kabupaten Bekasi yang berada di Jalan Teuku Umar, Nomor 49, Cibitung, ataupun melalui email ke pmi_kab.bekasi@yahoo.com.

Amin juga menghimbau masyarakat Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.

“Rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Jika terpaksa tidak ada air mengalir bisa diganti dengan handsanitizer yang mengandung antiseptik,” katanya.

Masyarakat diminta untuk rutin membersihkan benda-benda yang rentan dihinggapi virus. seperti benda yang sering dipegang, gagang pintu, maupun pagar rumah.

“Kita nggak pernah tau penularan virusnya, jadi lebih baik kita mengantisipasi saja dengan menjaga kebersihan rutin,” tutupnya.

Rz-djapos.com
Editor: Rz
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *