Ini Slogan “Empat Sehat Lima Sempurna” Gugus Tugas Pemkab Bekasi untuk Cegah Corona

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi kembali mengenalkan slogan empat sehat lima sempurna. Namun, pameo itu memiliki arti baru, tidak lagi tentang memakan makanan sehat tapi bagaimana berperilaku dalam adaptasi kehidupan baru.

Pengenalan slogan yang sempat populer beberapa waktu silam ini dilakukan untuk mengingat masyarakat agar tetap mewaspadai penyebaran covid-19.

“Ini bagian dari imbauan kepada masyarakat terkait perkembangan terakhir bagaimana masyarakat kita bersikap yang benar terhadap pandemi ini. Maka dari itu saya ingin mempopulerkan kembali pameo lama yakni empat sehat lima sempurna,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, Rabu (10/6/2020).

Empat sehat lima sempurna yang dimaksud Alamsyah yakn; pertama, harus selalu mengenakan masker ketika berpergian. Berdasarkan hasil kajian, masker kain dapat menyaring virus dan bakteri hingga 70 persen. Pemerintah pun bahkan sempat menyatakan jika ketertiban mengenakan masker menjadi salah satu faktor covid-19 di Indonesia berhasil dikendalikan.

“Kedua, kita harus selalu menjaga jarak antar sesama,” ucap Alamsyah. Seperti diketahui, covid-19 menyebar melalui droplet. Maka dari itu, masyarakat diharuskan menjaga jarak aman minimal 1-1,5 meter.

Kemudian yang ketiga yaitu harus selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Cuci tangan pun harus menggunakan air yang mengalir atau jika tidak memungkinkan dapat menggunakan cairan pensanitasi tangan. Selanjutnya, yang keempat yakni menghindari kerumunan.

“Kemudian dari keempat itu disempurnakan menjadi lima dengan rajin melaksanakan olah raga dan makan makanan bergizi,” ucap dia. Ini penting untuk menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit, termasuk virus.

Rz – djapos.com
Editor: Rz
Foto: dok Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *