Rp200 Miliar untuk Infrastruktur dan Penanganan Banjir di Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk pembangunan infrastrukur yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19. Anggaran itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tahun 2020.

Seketaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, dari jumlah tersebut, Rp 100 miliar dialokasikan untuk program pembangunan jalan dan jembatan, selanjutnya Rp 50 miliar untuk pengendalian banjir dan penyedian air baku , sisanya sekitar Rp 50 miliar digunakan untuk pemeliharaan jalan, gedung sekolah dan prasarana sumber daya air (SDA).

“Jadi sekitar 30 titik yang diarahkan untuk penanganan banjir, sedangkan 20 titik untuk jalan dan jembatan dan prioritas penangan pembangunan di Dinas PUPR. Semua proses dilakukan melalui lelang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” katanya, Minggu (5/7/2020).

Iman menjelaskan, anggaran yang digunakan untuk normalisasi banjir Ciherang dan pembuatan proses jembetan Kali Malang hingga penanganan banjir sudah dimulai proses lelangnya.

“Normalisasi Kali Ciherang dilakukan mengingat dilokasi tersebut sebagai dampak penanganan banjir yang berdekatan dengan pemukiman warga. Kami juga akan memperbaiki jalan-jalan yang sudah rusak,” ucap dia.

Alumnus Universitas Diponegoro (Undip) itu pun berharap dapat maksimal dalam pengelolaannya agar penangan pembuatan jembatan Kali Malang dan normalisasi Kali Ciherang bisa berjalan lancar ke depanya.

“Mudah-mudahan sebelum penghujung tahun ini terealisasi semua agar penanganan banjir bisa maksimal,” ujarnya.

RZ – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *