25.000 Warga Telah Jalani Tes Swab, Pemkab Bekasi Terus Percepat Penanganan Covid-19

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menegaskan terus mempercepat penanganan dan melakukan penelusuran terkait penyebaran virus covid-19. Hingga pekan ketiga September, 25.000 warga telah dilakukan tes swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny menyatakan, sesuai ketentuan dengan jumlah warga Kabupaten Bekasi mencapai 3 juta jiwa, minimal tes swab dilakukan kepada 30.000 orang. Namun dengan kondisi kasus yang terus meningkat, jumlah tersebut dinilai kurang.

“Hitungan kami sekarang sudah lebih dari 25.000 orang yang dites. Tapi dengan penambahan kasus ini, maka idealnya tidak lagi di 30.000 pengetesan,” kata dia, Jumat (18/9/2020).

Enny menyatakan pihaknya terus melakukan penelusuran dan tes swab pada penanganan klaster industri. Saat ini terdapat sedikitnya enam alat swab PCR termasuk alat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan alat tes portable.

“Itu semua dioperasikan di labkesda. Yang dari provinsi alatnya sudah ada tapi kami masih menunggu rigennya. Ini kami perlukan untuk percepatan pengetesan,” ucap dia.

Dia berharap, percepatan penanganan kasus di Kabupaten Bekasi turut dibantu pihak provinsi. Bukan sekadar dalam bentuk alat PCR namun juga tenaga kesehatan. “Karena memang dua poin yang diperlukan,” ucap dia.

Enny menambahkan, tes swab kini diwajibkan dilakukan di setiap perusahaan dengan jumlah minimal 10 persen dari total karyawan. “Ini terus kami sampaikan. Kami juga anjurkan untuk bekerja sama dengan pihak swasta lain agar swabnya bisa lebih murah. Tapi itu kembali ke perusahaan masing-masing,” ucap dia.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ilustrasi/Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *