Grup Kolintang Kabupaten Bekasi Raih Juara Nasional

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Grup Kolintang Klabat yang berada di bawah naungan Sanggar Tamporok berhasil merebut Juara 1 Kejuaraan Nasional Kreativitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informasi, Rabu (23/9/2020). Grup asal Kabupaten Bekasi ini meraih juara dalam kategori original.

Piala ini diberikan secara virtual olehMenkominfo) Johny G Plate sebagai bentuk apresiasinya kepada Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75.

Johny mengatakan, kolintang saat ini sedang diperjuangkan ke UNESCO untuk ditetapkan menjadi salah satu warisan dunia dari Indonesia di tahun 2023. Dan diadakannya kejuaraan ini pun sebagai salah satu upaya untuk mendukung hal tersebut.

Perwakilan dari Sanggar Tamporok, Delly Luntungan menjelaskan, Kolintang Klabat terpilih sebagai kelompok yang mewakili Jawa Barat di ajang nasonal itu. Setelah melalui penjurian dan konser virtual, mereka akhirnya dinobatkan sebagai pemenang.

“Ya kami menjadi perwakilan dari Jawa Barat, kami juga mengirimkan dua grup asuh dari Sanggar Tamporok untuk mengikuti dua kategori lomba yaitu, Kolintang Original dan Kolintang Kreativitas Milenial,” ucapnya.

Dirinya menyebut, tidak hanya menjadi juara umum di kategori kejuaraan kolintang original, namun Sanggar Tamporok juga berhasil menjadi juara di kategori penyanyi terbaik dan karya cipta lagu terbaik untuk tema Covid-19 ataupun new normal.

“Benar, dalam kategori kolintang original, penyanyi terbaik dan karya cipta lagu terbaik. Dalam kategori kolintang original kami memilih untuk membawakan lagu Bengawan Solo,” ucapnya.

Lagu bengawan Solo ini dipilih, karena menurutnya lagu ini cukup populer tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga populer di luar negeri. “Ya semoga denga kejuaraan ini musik kolintang masih banyak didengar dan disukai masyarakat Indonesia, Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Rz/hms – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *