Pemkab Bekasi Alokasikan Anggaran untuk 1.300 Jaling

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Sebanyak 1.300 titik jalan lingkungan (jaling) akan dikerjakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Pekerjaan pembangunan infrastruktur itu akan direalisasikan mulai awal Oktober 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Rakyat pada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan)  Kabupaten Bekasi, Budi Setiawan, sedikitnya Rp 200 miliar disiapkan untuk pembangunan 1.300 titik jalan ini. Pembiayaan itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020. Ribuan jalan itu siap dibangun setelah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi.

“Ini merupakan peralihan anggaran yang kembali diajukan untuk pembangunan jalan lingkungan di perumahan. Waktunya cukup singkat, maka dari itu kami harus melakukan percepatan pembangunan,” kata Budi kepada djapos.com, Rabu (23/9/2020).

Menurut dia, semula Pemkab Bekasi telah mengalokasikan pembangunan ribuan jaling tahun ini. Namun, di awal tahun, rencana pembangunan itu terpaksa ditunda seiring dengan pandemi covid-19.

Meski begitu, diakui Budi, pihaknya harus ekstra bekerja keras untuk memastikan seluruh pembangunan berjalan. Soalnya dengan jumlah pembangunan yang terbilang masif, pihaknya hanya memiliki waktu tidak kurang dari dua bulan untuk merealisasikan pembangunan tersebut.

“Jadi pekan ini sistem e-katalognya sudah berjalan, kemudian awal Oktober dimulai dan pertengahan Oktober RAB-nya muncul. Jadi dihitung ada waktu tujuh minggu untuk pembangunan fisik. Untuk itu mulai sekarang kami lakukan percepatan. Termasuk untuk mengejar waktu ada kemungkinan pembangunan dilaksanakan mulai siang hari, tidak lagi hanya malam,” ujar dia.

Kendati pembangunan berjalan, Budi mengaku telah mengingatkan seluruh pihak untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Karena kan pasti di satu titik itu banyak yang kerja jadi saya sudah minta protokol kesehatan diterapkan seperti memakai masker, topi dan jaket,” ucap dia.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ilustrasi/ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *