Targetkan 500 Spesimen dalam Sehari, Swab Tes pada ASN Pemkab Bekasi Terus Dilakukan

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menyatakan, pengetesan swab PNS menjadi salah satu prioritas pencegahan covid-19. Setidaknya, GTPP menargetkan pengetesan 500 spesimen PNS per hari.

“Kalau dihitung dari Jumat, Senin, Selasa, dan Rabu, berarti sudah ada sekitar 2.000an ASN yang menjalani tes swab. Sebab target kami, dalam sehari itu 500 orang. Pemeriksaan ini wajib untuk semua pegawai, termasuk non ASN, seperti honorer dan THL,” ucap Alamsyah, Kamis (24/9/2020).

Dari pengetasan ini, lanjut dia, terdapat tiga PNS yang dinyatakan positif covid-19. Namun begitu, penemuan kasus positif ini belum dapat dikatakan sebagai klaster baru. Ketiga pegawai ini berasal dari tiga organisasi perangkat daerah berbeda yang kini tengah menjalani isolasi mandiri.

“Yang jelas ini bukan klaster baru. Sebab kalau klaster itu, dalam satu kantor atau kawasan, dalam waktu yang bersamaan, jumlah yang terinfeksi banyak. Kalau ini terjadi di beberapa OPD, jadi tersebar,” ucapnya.

Alamsyah juga sampai saat ini belum bisa memastikan apakah ketiga ASN tersebut, sebelumnya sudah melakukan kontak dengan siapa saja, sampai bisa terkonfirmasi Covid-19. Sejauh ini, untuk mengetahui hal itu pihaknya masih melakukan penelusuran.

“Saya belum bisa sampaikan dengan siapa saja yang bersangkutan melakukan kontak, sampai terinfeksi. Harus ditelusuri dulu. Mudah-mudahan, satu sampai dua hari ke depan, baru bisa diketahui, dengansiapa saja dan dimana saja ketiga ASN melakukan kontak atau berinteraksi,” kata Alamsyah. 

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: Humas Pemkab Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *