Pemkab Bekasi Terapkan Protokol Kesehatan pada Pembangunan 1.300 Titik Jalan

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi kembali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan di sisa akhir tahun ini. Maka dari itu, proses pembangunan pun bakal kembali berjalan. Meski demikian, protokol kesehatan tetap diterapkan.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat pada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan)  Kabupaten Bekasi, Budi Setiawan mengaku telah mengingatkan seluruh pihak untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Karena kan pasti di satu titik itu banyak yang kerja jadi saya sudah minta protokol kesehatan diterapkan seperti memakai masker, topi dan jaket,” kata Budi, Jumat (24/9/2020).

Namun demikian, untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan, Budi meminta masyarakat untuk turut mengawasi. “Tegur saja jika para pegawainya tidak pakai masker atau protokol kesehatannya tidak digunakan. Kalau masih ngeyel, dapat lapor ke dinas,” ucap dia.

Sedikitnya Rp 200 miliar disiapkan untuk pembangunan 1.300 titik jalan ini. Pembiayaan itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020. Ribuan jalan itu siap dibangun setelah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi.

Sesuai dengan surat keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan bahwa pemerintah daerah wajib menyesuaikan anggaran dengan mengalokasikan dana untuk percepatan penanganan covid-19.

Kemudian, menjelang pembahasan APBD Perubahan 2020, Tim Anggaran Pemerintah Daerah dengan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bekasi menyetujui pengembalian dana hasil refocusing ke sejumlah dinas, terutama yang membidangi pembangunan infrastruktur. “Sehingga muncul lagi anggaran tersebut,” ujarnya.

Pembangunan 1.300 titik jalan itu, kata Budi, dilakukan sejumlah perumahan di 21 kecamatan. Pembangunan ini difokuskan ke jalan di dalam perumahan yang selama ini tidak perhatian oleh pengembang.

“Bahkan pengembangnya telah kemana, dibiarkan terbengkalai sementara yang di perumahan itu masih warga Kabupaten Bekasi. Sesuai arahan Pak Bupati, maka jalan di dalam perumahan itu juga diperbaiki karena itu masih warga Kabupaten Bekasi,” katanya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *