Komisi III Usulkan Anggaran Pemindahan Tiang Listrik, Telkom dan Saluran PDAM di Jalan Cikarang Cibarusah

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengalokasikan anggaran untuk pemindahan instalasi saluran listrik, jaringan telepon dan air Jl Cikarang Cibarusah.

“Artinya tangggungjwab Pemkab Bekasi kan pembebasan lahan. Kalau lahan sudah dibebaskan artinya provinsi melaksanakan pembangunan jalan. Nah hari ini kan harus dipindahin juga tiang listrik, tiang telkom dan instalasi PDAM yang masih berada di jalan yang dibebaskan,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabpuaten Bekasi, Cecep Noor kepada djapos.com,Jumat (2/10/2020).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini meminta alokasi anggaran itu sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Rencananya, kata dia, pada pembahasan APBD 2021 nanti akan dibahas.

“Harus dianggarakan di APBD 2021, harga mati itu, kalau enggak kan nanti ini jalan terhambat lagi pembangunannya 2021, nggak dibangun sama provinsi. Kemarin saja ada anggaran Rp 23 miliar dari provinsi nggak diserap lagi tahun ini,” tegas Cecep Noor.

Menurutnya, dampak dari terhambatnya pembangunan jalan terus dirasakan bagi masyarakat, mulai dari kemacetan hingga polusi udara akibat dari banyaknya kendaraan yang berhenti karena macet mengeluarkan asap kendaraan.

“Ini kan luar biasa. Kalau lagi macet itu kendaraan numpuk dan semua mengeluarkan asap sehingga kualitas udara sudah pasti tercemar. Nah untuk sementara masih bisa terbantu dengan akses jalan kawasan industri yang dibuka. Tapi ini kan bukan solusi jangka panjang, hanya jangka pendek,” ucap dia.

Komisi III, sambung Cecep Noor, juga akan mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar pelebaran jalan cibarusah dilengkapi dengan Pembangunan trotoar dan drainase. Menurutnya, trotoar akan bermanfaat bagi pejalan kaki, sedangkan drainase sangat penting sebagai saluran air.

“Pejalan kaki harus mendapat prioritas. Karena itu jangan semata-mata meningkatkan kapasitas jalan, pejalan kaki juga perlu diberikan haknya. Drainase jalan juga sangat penting. Itu untuk menghindari terjadinya genangan pada ruas jalan di saat musim hujan yang nantinya terhubung pada pembuangan saluran air akhir, seperti sungai,” tutupnya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *