Bupati Bekasi Dampingi Wapres RI Tinjau Simulasi Vaksin

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Dalam rangka Pelaksanaan Simulasi Vaksin Covid-19, di Puskesmas Karangasih – Cikarang Utara, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan juga Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, pada Kamis (19/11).

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau satu persatu tahapan simulasi pemberian vaksin Covid-19, mulai dari tahapan pendaftaran hingga observasi pemberian vaksin.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, menuturkan, simulasi yang digelar diharapkan bisa membuat kesiapan vaksinasi di wilayahnya lebih matang. “Mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini nanti pada waktu pelaksanaan sudah siap. Bukan hanya di puskesmas tapi di tempat lain yang memenuhi syarat untuk dilakukan vaksin,” tuturnya.

Eka menambahkan, Pemkab Bekasi saat ini, telah menyiapkan tenaga medis untuk vaksinasi. Sesuai prosedur dan telah menyiapkan sedikitnya 50 tenaga kesehatan yang sudah dinyatakan siap menjadi vaksinator Covid-19.

“Semua tenaga medis sudah kita siapkan, tinggal menunggu kapan vaksin datang,” terangnya.

Pemerintah pusat telah menetapkan pemilihan lokasi simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Cikarang, karena mempertimbangkan kepadatan penduduk dan tingginya risiko penularan Covid-19 di kedua wilayah tersebut.

Secara geografis, Puskesmas Cikarang yang dikunjungi RI 2 berada di Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan wilayah kerja yang meliputi lima desa, yaitu Desa Cikarang Kota, Karang Baru, Karang Asih, Waluya, dan Karang Raharja, dengan jumlah penduduk sekitar 118.549 jiwa.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, simulasi ini merupakan bagian daripada persiapan pelaksanaan vaksinasi secara keseluruhan nanti yang sudah direncanakan oleh Pemerintah. 

Dirinya menjelaskan, ada persiapan yang dilakukan sebelum vaksinasi dilakukan, antara lain penyiapan data penerima vaksin, tahapan penyuntikan, mekanisme pendistribusian, hingga model pengolahan limbah vaksin tersebut.

“Ada beberapa yang disiapkan, termasuk menyiapkan data, nama-nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, kemudian tahapan-tahapan-nya, pendistribusian vaksinnya, dan juga bagaimana limbah vaksin yang banyak itu ditangani,” tuturnya.

Simulasi vaksinasi COVID-19 merupakan bagian dari upaya Pemerintah menyampaikan sosialisasi terkait vaksin COVID-19 yang saat ini masih dalam tahap uji klinis.

Sosialisasi vaksin COVID-19 oleh Pemerintah bertujuan untuk mengenalkan pentingnya injeksi vaksin untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 guna mengakhiri pandemik.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *