Pemkab Bekasi Selenggarakan Pembinaan Imam dan Marbot

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi gelar Pembinaan Imam dan Marbot Masjid Tahun 2020. Acara berlangsung di Hotel Grand Cikarang, Jababeka Cikarang Utara, Kamis (12/11).

Kegiatan yang dihadiri 50 peserta dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda I) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna.

Dalam sambutannya, Yana Suyatna mengatakan, kegiatan pembinaan imam dan marbot merupakan langkah dan upaya Pemkab Bekasi untuk menjadikan sentral utama mewujudkan persatuan dan kesatuan umat.

Dirinya menambahkan, imam dan marbot merupakan profesi yang istimewa, tidak semua orang bisa dan tidak semua orang mau. Selain itu, peran marbot dan imam sangat strategis dalam memakmurkan masjid. Selain menjaga kebersihan masjid, marbot dan imam masjid harus tepat waktu dalam adzan maupun salat berjamaah.

“Imam dan marbot ini adalah orang orang pilihan yang memang dipilih atas kesepakatan umat. Seorang imam juga harus memenuhi syarat yang berpedoman pada syariat islam,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan

untuk lebih meningkatkan kualitas imam dan pemberdayaan marbot masjid yang ada di Kabupaten Bekasi, diharapkan bisa menularkan materi yang bisa disampaikan dalam pembinaan imam dan marbot masjid.

“Kualitas imam sendiri bagaimana bacaan tajwid didalam  pengucapannya, serta menjaga jarak dan protokol kesehatan sehingga keamanan dan kenyamanan kesehatan dari jamaah masjid bisa terjaga dengan baik,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, untuk kegiatan tersebut bisa terus berlanjut karena cukup banyak imam dan marbot yang harus dibina agar semua marbot, imam dan DKM bisa memakmurkan masjid dalam upaya syiar islam.

“Jadi ketika ada orang luar atau musyafir yang ikut sholat di masjid yang ada di Kabupaten Bekasi, bisa melihat kualitas imamnya baik,” tutupnya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *