Peningkatan SDM Jadi Prioritas Pembangunan 2021

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Sejumlah program inovasi dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di antaranya pembukaan kesempatan magang bagi para angkatan kerja di sejumlah industri besar. Program ini mulai digulirkan di triwulan akhir tahun ini dan rencananya bakal ditingkatkan di tahun depan.

Kemudian inovasi lainnya yakni pemberian insentif bagi imam masjid berkualitas. Selain diberi tunjangan, para imam ini akan ditugaskan memimpin salat di berbagai waktu di masjid-masjid di Kabupaten Bekasi.

“Ini upaya di sektor keagamaan yang menjadi fokus tahun depan,” kata Kepala Bidang Program dan Pengendalian Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bekasi, Agus Budiono.

Tidak hanya berinovasi, Pemkab Bekasi memastikan program unggulan lain tetap terlaksana seperti pembiayaan iuran JKN-KIS bagi warga tidak mampu. Pembiayaan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemkab Bekasi merealisasikan Universal Coverage Health. “Kemudian ada peningkatan jastek untuk guru honorer untuk ke depan,” kata Agus. 

Dari total belanja Rp 6,5 triliun, alokasi untuk sektor pendidikan masih cukup signifikan. Bidang pendidikan mendapat porsi anggaran hingga Rp 1,6 triliun yang dialokasikan bagi gaji dan tunjangan tenaga pendidik hingga pengadaan kursi dan meja belajar.

“Namun ini belum termasuk pembangunan ruang kelas baru dan rehab bangunan. Jika ditambah, tentunya nilainya lebih besar,” ucap dia.

Alokasi sektor pendidikan ini telah menyentuh persentase hingga 29 persen, jauh di atas batas dasar alokasi pendidikan 20 persen yang diatur pemerintah pusat. “Kemudian yang mendapat persentase anggaran signifikan lainnya yakni Kesehatan sebesar 13 persen,” kata dia.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ilustrasi/net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *