Asep Sutami Balon Kades Cimahi : Era Otda Pempus Beri Kepercayaan Daerah Kelola Keuangan Secara Mandiri

Asep Sutami Balon Kades Cimahi, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang

Karawang, Djapos.com – Pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dengan otonomi yang luas sejak diberlakukannya Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang No. 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah pada tanggal 1 Januari 2001.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Asep Sutami, Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Cimahi, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang saat ditemui awak Djapos.com dikediamannya Dusun Krajan RT. 002/001, Cimahi, Kab. Krawang, Jawa Barat, Rabu (06/01/2021).

“Anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat (Pempus) untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan rakyat cukup besar, sehingga dibutuhkan transparansi dalam pengelolaan keuangan untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan,” kata Asep.

Lebih lanjut menurut Asep yang juga merupakan Tim Relawan Garda Cellica (Garcell) ini, pemerintah desa mempunyai anggaran cukup besar untuk membangun dan mensejahterakan rakyat. Anggaran dengan nilai ratusan bahkan milyaran rupiah per desa yang bersumber dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) maupun dari sumber yang lain.

“Dengan melihat nilainya yang cukup besar, maka dibutuhkan tranparansi atau keterbukaan kepada masyarakat. Jangan sampai dana sebesar itu dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tranparansi anggaran yang dimaksud yaitu terkait pengelolaan keuangan desa baik untuk pembangunan fisik maupun non fisik,” jelas Asep.

Desa Cimahi memiliki beberapa aset desa yang bisa dikelola dan dikembangkan oleh warga setempat. “Sebagai contoh, yaitu pengelolaan aset desa berupa Tanah Bengkok dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), kesemuanya pengelolaannya butuh transparansi dan keterbukaan dengan bentuk Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada warga dan pemerintah,” ujar Asep yang maju sebagai Balon Kades Cimahi.

Melihat Perkembangan Desa Cimahi yang begitu signifikan, Asep Sutami optimis apabila dipercaya oleh warga untuk memimpin Desa Cimahi beberapa tahun kedepan, akan bekerja dan siap menjadi pemimpin yang amanah untuk kesejahteraan dan kemajuan Desa Cimahi.

“Saya akan menempuh langkah-langkah yaitu dengan mengutamakan, mutuskan dan merealisasikan program pembangunan hasil dari Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dengan melibatkan semua Perangkat Desa dan warga masyarakat,” paparnya lagi.

Sebagai skala prioritas, Balon Kades Asep akan membangun sarana fisik berupa Jalan Usaha Tani (JUT). “Mayoritas masyarakat Cimahi sebagai Petani dan sarana jalan sangat dibutuhkan ketika musim panen tiba akan terpecahkan,” demikian pungkasnya.

Suhenda – Djapos.com

Editor : RDI

Foto : Suhenda/Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *