M. Syarifudin, Tomas Desa Curug, Inisiasi Warga Dalam Pencegahan Covid-19

M. Syarifudin, Tokoh Masyarakat di Dusun Krajan, Desa Curug, Kec. Klari, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Karawang, Djapos.com – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, membuat pemerintah pusat maupun daerah terus mengingatkan masyarakat untuk tetap selalu mengikuti protokol kesehatan (prokes). Dan kini, pemerintah telah resmi menjalankan program vaksin virus Covid-19, dimana Presiden Joko Widodo beserta Panglima TNI dan Kapolri telah di vaksin, di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (13/01/2021).

Program vaksinasi yang akan dimulai secara bertahap, diberikan kepada sekitar 80% penduduk Indonesia yang telah berusia dewasa. Vaksin yang digunakan adalah buatan Sinovac, yang bernama CoronaVac.

Hal ini juga menjadi perhatian M. Syarifudin, salah seorang tokoh masyarakat Desa Curug Kec. Klari Kab. Karawang yang mengajak warga untuk secara bersama-sama turut serta melaksanakan himbauan pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Adanya vaksin tidak lain bertujuan untuk pencegahan Covid-19 yang tengah mewabah dan menekan penyebaran virus tersebut di masyarakat,” kata Syarifudin, saat dijumpai Djapos.com, di kediamannya di Dusun Krajan, Desa Curug, Kec. Klari, Kab. Karawang, Jawa Barat, Jum’at (15/01/2021).

Presiden Joko Widodo saat menerima suntukan Vaksin, di Istana Kepresidenan, Rabu (13/01/2021).

Namun tentu ini bukan hal yang mudah, karena dalam pelaksanaannya masih ada pro kontra, baik itu terkait vaksin maupun adanya prokes. “Ya, karena kebutuhan hidup, mereka (masyarakat) tetap keluar rumah untuk usaha mencari nafkah. Sebut saja seperti Ojol, Opang, Petugas Parkir, Pedagang Asongan hingga Pemulung,” papar nya lagi kepada Djapos.com.

Lebih lanjut Syarifudin menjelaskan, bahwa masyarakat mengharuskan diri tetap bekerja guna mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. “Mungkin dengan adanya anjuran prokes ini membuat penghasilan pekerja lapangan seperti mereka menjadi berkurang bahkan jauh dari yang diharapkan ( nihil),” ujar Syarifudin lagi. .

Dan terkait hal tersebut, sebagai seorang yang dianggap tokoh,  M.Syarifudin juga melakukan inisiasi kegiatan positif ke masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19 serta prokesnya.diantaranya berupa penyemprotan disinfektan di ruang publik dan lingkungan masyarakat, bagi-bagi masker secara gratis buat warga dan selebaran berupa himbauan Pencegahan Covid-19. “Ya, kegiatan inisiasi ini sudah dimulai sejak tanggal 09 Januari 2021,’ pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah. Ujang Tatang selaku warga masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini dan berharap dapat menjadi agenda rutin guna mengusir Covid-19 dari lingkungan Cimahi khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Suhenda – Djapos.com

Editor : RDI

Foto : Suhenda/Djapos.com, KemensetnegRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *