Kunjungi Pasar Sukatani, Komisi II Upayakan Kelanjutan Revitalisasi Pasar

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi tengah mengupayakan kelanjutan rencana revitalisasi Pasar Sukatani. Pasalnya, sejak dilelang 2014 lalu, revitalisasi pasar tak kunjung digelar.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar mengatakan, rencana revitalisasi Pasar Sukatani harus segera dilaksanakan. Soalnya, kondisi pasar tidak lagi memungkinkan bagi pedagang, apalagi warga yang berbelanja.

“Kondisi Pasar Sukatani memang sangat memprihatinkan. Hal tersebut juga disaksikan oleh Pak Camat dan juga Pak Kades. Darenakan kondisi Pasar Sukatani sudah cukup lama sehingga kondisinya seperti ini,” kata Sunandar saat memimpin kunjungan ke Pasar Sukatani, Senin (29/3/2021).

Kunjungan dilakukan pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi dengan didampingi Dinas Perdagangan serta aparat pemerintahan setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kata Sunandar, revitalisasi Pasar Sukatani sebenarnya telah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, rencana revitalisasi telah masuk pada tahap lelang pada 2014 dan telah diumumkan perusahaan pemenang lelang.

Sayangnya, setelah tujuh tahun berlalu, revitalisasi pasar tak kunjung terealisasi. Untuk itu, Sunandar menegaskan bakal menelusuri persoalan mandegnya revitalisasi pasar.

“Memang sekitar tahun 2014-2015 sudah ada pemenang lelangnya tapi pemenang lelang ini belum ada realisasi untuk melaksanakan pembangunannya. Hal tersebut nanti kami perdalam di komisi. Nanti Komisi II segera membahas persoalan ini dengan dinas terkait dan pemenang lelang. Intinya hari ini kami Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi melihat kondisi Pasar Sukatani layak atau tidak untuk dibangun,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi II Nyumarno menambahkan, revitalisasi Pasar Sukatani ditetapkan dengan skema BOT dan telah ditetapkan pemenang lelangnya. Namun sampai saat ini belum ditindaklanjuti dengan nota kesepahaman dengan Bupati Bekasi, maupun persetujuan dari DPRD.

“Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi minggu ini akan segera tindak lanjuti rapat dengan Kepala Dinas Perdagangan dengan menghadirkan stakeholder terkait lainnya. Kami akan bahas tentang bagaimana kelanjutan dan kepastian hukum terhadap pemenang lelang tersebut, dan bagaimana proses kelanjutan MOU dan perjanjian kerjasamanya,” ucap dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Muchlis membenarkan rencana revitalisasi Pasar Sukatani belum ditindaklanjuti meski pemenang telah ditetapkan. Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang tidak terpenuhi, di antaranya terkait perizinan.

“Kalau untuk perjanjian kerjasama belum ada. Karena ketetapan lelang pada tahun 2014 hingga sekarang harus ada Mou  yang dipersiapkan dan izin-izinnya, juga ada dari pihak ketiga. Dan ini segera akan kami buat perencanaan dengan pihak PT Aditia Mas untuk persiapan perencanaan pembangunan Pasar Sukatani,” ucap dia.

Lebih jauh, Muchlis mengatakan bakal mengkaji revitalisasi pasar itu dengan disesuaikan dengan kondisi terkini. “Karena ada perubahan-perubahan secara teknis juga dengan  kondisi lapangan yang sudah sangat berbeda, kami akan kaji ulang bersama Komisi DPRD kabupaten Bekasi,” ucapnya.

advertorial
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *