Pemkab Bekasi Akan Panggil Pihak Pabrik yang Diduga Cemarkan Kali Cilemahabang

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama pimpinan Forkopimda meninjau dan menelusuri penyebab pencemaran Kali Cilemahabang di Desa Suka Karya, Kecamatan Karangbahagia.

“Setelah ini kami Forkopimda akan mengecek ke pabrik-pabrik untun melihat pengelolaan limbah yang diduga membuat sungai ini hitam,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan usai meninjau dan menelusuri Kali Cilemahabang, Senin (6/9/2021).

Dani Ramdan mengaku pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil pihak pabrik yang diduga melakukan penceman kali sehingga membuat airnya menjadi hitam pekat seperi oli.

“Kapolres dengan jajarannya sudah melakukan pengamatan, sekarang akan kita coba panggil dan kita tunjukan dampak dari kegiatan mereka membuang limbah. Tentu akan kita tindaklanjuti setelah temuan di lapangan,” ujarnya.

Pemkab Bekasi akan membuat satgas yang melibatkan masyarakat guna membantu pemantauan terhadap pencemaran lingkungan.

“Kami juga bisa bentuk satgas dari perangkat hukum dan masyarakat pecinta lingkungan untuk melakukan pengawasan harian. Kalau kami kan enggak mungkin mantau 24 jam di sini ya, jadi masyarakat setempat akan kami libatkan untuk mengawasi pabrik pembuang limbah itu agar laporan itu akan kami tindaklanjuti,” ucapnya.

Aliran Kali Cilemahabang hingga kini masih dipergunakan warga sebagai sarana pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti untuk menyuci baju, beras, piring dan bahkan mandi.

“Masyarakat masih menyuci di pinggir sungai karena memang sumber air utama,” katanya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto:
 Djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *