Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Kamis 18 Juni

Ramadhan Tahun ini Kompak

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Kamis 18 Juni

 konfres menag

Oleh : Eddie, Goes

Jakarta,Djapos.com – Awal Ramadhan tahun 1436H/2015M telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama pada hari Kamis, 18 Juni 2015. Hal ini disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers usai memimpin Sidang Itsbat Awal Ramadhan di Kantor Kemenag Jakarta.

“Dalam sidang itsbat, kita mendengar laporan dari sejumlah pelaku rukyat yang ditugasi Kemenag. Tidak kurang 36 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan tidak ada satupun  pelaku rukyat yang melihat hilal,” jelas Menag dalam jumpa pers di Auditorium H.M. Rasjidi Kantor Kemenag Jalan Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Masih menurut Menag, para saksi yang telah ditetapkan untuk melakukan rukyatul hilal di 36 titik di seluruh Indonesia tidak satupun yang berhasil melihat hilal.

“Karenanya, atas dasar itulah seluruh peserta sidang itsbat menyepakati bahwa karena saat ini hilal tidak bisa dilihat, maka bulan Sya’ban distikmalkan (disempurnakan) menjadi 30 hari. Dengan demikian, maka 1 Ramadlan baru akan jatuh pada esok lusa, tepatnya Kamis 18 juni 2015,” tegas Menag yang dalam konferensi pers ini didampingi Ketum MUI KH. Din Syamsudin, Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, dan Dirjen Bimas Islam Machasin.

Dalam sidang itsbat ini ikut hadir pula para Duta Besar Negara Sahabat dan Pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam. “Semua telah sepakat dan inilah hasilnya. Karenanya dengan hasil ini mudah-mudahan seluruh umat Islam dalam mengawali puasa bisa dilakukan serentak. Mudah-mudahan ini sekaligus cerminan bahwa kebersamaan umat Islam di Indonesia terus bisa dibangun dari waktu ke waktu sehingga berbagai persoalan bisa disikapi dan didalami secara bersmaa sama,” harap Menag

Sebelumnya pada Selasa (09/06) lalu di Jakarta, Ditjen Bimas Islam telah melakukan pertemuan dengan para pakar dan ahli hisab-rukyat, gabungan dari ormas Islam, Mahkamah Agung, IAIN/UIN, LAPAN, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Planetarium, Bosccha ITB, dan ahli falak perorangan guna menyikapi problematika hisab dan rukyat. Rapat Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama ini digelar pada Selasa (09/06) lalu di Jakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *