Dramatis Lawan Vietnam, Indonesia Melaju Ke Final Piala AFF

timnas-semifinal-ok 

Oleh : Reza Radhitya, Dhani Arham

Djapos.com, Tim Sepakbola Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya melaju ke babak final Piala AFF 2016. Dalam laga semifinal leg kedua, di Stadion Nasional My Dinh, Rabu (7/12/2016) Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 (agregat 3-4).

Sebelumnya saat partai leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016) Timnas meraih skor 2-1. Dan hanya butuh hasil seri pada laga semifinal leg kedua.

Namun ternyata perjuangan Timnas Garuda pada semifinal leg kedua ini sangat dramatis. Unggul lebih dahulu pada menit ke 54 lewat Stefano Lilipaly dari umpan terobosan sang kapten Boaz Salossa, namun keunggulan tersebut tidak bertahan lama.

Vietnam mampu membalikkan keadaan walaupun dengan 10 pemain karena sang kiper diganjar kartu merah.

Dalam keadaan skor 0-1 (agregat 1-3) dimana Timnas sudah yakin menang, Vietnam dengan perjuangannya mampu menyamakan skor menjadi 2-1 (agregat 3-3).

Vietnam bisa menyamakan kedudukan lewat Vu Van Tanh pada menit ke-82 dari hasil  tendangan bebas dan gol ini ternyata mampu melecut semangat tuan rumah. Lalu pada masa injury timeVietnam berbalik unggul dari sepakan keras Vu Minh Tuan.

Dengan skor agregat sama 3-3, maka pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjang waktu.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, Timnas Garuda Merah Putih harus berterimakasih kepada Ferdinan Sinaga dan Manahati Lestusen. Dimana pada menit ke 96, Manahati Lestusen sukses menjadi eksekutor finalti.

Finalti terjadi akibat Ferdinan Sinaga dilanggar oleh kiper Vietnam Que Ngoc Hai, dan hasilnya skor berubah menjadi 2-2 (agregat 3-4) untuk timnas.

Di babak kedua perpanjang waktu, kedua tim beberapa kali mendapatkan peluang. Namun, hingga wasit meniup pluit panjang tanda pertandingan selesai, tidak ada gol lagi yang dibuat.

Timnas Indonesia besutan pelatih Alfred Riedl tetap mampu manahan dan unggul dengan agregat 3-4.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia melaju ke babak final dan menunggu lawannya antara Thailand atau Myanmar yang baru akan bertanding malam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *