Isu Tidak Jelas, Sekdes Suka Resmi Bantah Adanya Pungli

willy-pratama-selaku-hr-manager-pt-smc-pneumatics-indonesia-okOleh : Ray, Heri

Bekasi, Djapos.com – Terkait isu pungutan liar (pungli) di Desa Suka Resmi Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi telah membuat “gerah” aparatur pemerintahan desa setempat.  

Isu yang beredar adalah adanya oknum aparatur desa yang mematok harga dalam mengurus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) terhadap karyawan PT. SMC Pneumatics Indonesia.

Namun isu miring tersebut telah di bantah keras oleh PT. SMC Pneumatics Indonesia, yang beralamat diwilayah kawasan Ejip Industri Park Plot 6 J-1 Desa Suka Resmi Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.

Willy Pratama selaku HR Manager PT. SMC Pneumatics Indonesia menjelaskan, bahwa pihak perusahaan ingin memberikan klarifikasi yang sebenar-benarnya. Hal tersebut dilakukan agar isu serta berita miring tersebut tidak membias dan berlarut.

“Isu pungli yang dilakukan oleh aparatur Desa Suka Resmi untuk kepengurusan pembuatan SKDU dan dikenakan biaya sebesar Rp.1,5 juta tidaklah benar,” kata Willy kepada djapos.com diruang kerjanya, Kamis (15/12/2016) kemarin siang.

Masih menurut Willy, kepengurusan serta pembuatan SKDU PT. SMC Pneumatics Indonesia, diserahkan sepenuhnya kepada saudara Rizka selaku karyawan kontrak yang bertugas sebagai legal di perusahaan.

“Tepatnya pada tanggal 16 Agustus 2016 lalu saudara Rizka mengurus pembuatan SKDU dan waktu itu kami juga menghimbau kepadanya agar mengurus tanpa bantuan agen atau perantara,” Tutur Willy.

Jadi menurut Willy, mengenai adanya nama Sapar yang mengaku sebagai karyawan dari PT. SMC Pneumatics Indonesia untuk mengurus SKDU itu tidaklah benar.

“Dia jelas bukanlah karyawan di perusahaan kami. Bahkan saya sendiri tidak kenal dengan yang namanya Sapar dan kami juga sedang mencari tahu,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Cep Amo Sanusi selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Suka Resmi menyayangkan adanya isu dan berita miring yang menyudutkan Desa Suka Resmi tersebut.

“Kami meminta kepada pemohon yaitu PT. SMC Pneumatics Indonesia melalui surat untuk datang ke desa guna memberikan penjelasan serta klarifikasi yang sebenarnya. Agar persoalan ini menjadi jelas dan tidak simpang siur. Dan kami menghimbau kepada rekan media agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu supaya beritanya jelas dan berimbang,” singkatnya kepada djapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *