Pemerintah RI Bangun Kembali Masjid Besar At-Taqarrub Akibat Gempa Aceh

presiden-jokowi-bangun-kembali-masjid-roboh-ok 

Oleh : RD, Goesti

Djapos.com – Gempa bumi berkekuatan 6,5 SR yang telah mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada Rabu (7/12/2016) lalu telah banyak memakan korban serta merobohkan bangunan, baik rumah, sekolah, masjid maupun fasilitas lainnya.

Dalam lawatannya yang kedua setelah kunjungan dari Iran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kembali Masjid Besar At-Taqarrub pada Kamis (15/12/2016) kemarin siang.

Masjid tersebut terletak di Desa Keude, Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang roboh diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR.

Sebelumnya pada kunjungan yang pertama pada Jumat (9/12/2016) lalu, Presiden Jokowi sempat meninjau masjid Besar At-Taqarrub.

“Hari ini sudah peletakkan batu pertama dan akan segera dimulai. Kita harapkan selesai sebelum Ramadhan 2018,” kata Presiden Jokowi.

Masih menurut Presiden Jokowi, ia akan memprioritaskan terlebih dahulu pembangunan fasilitas-fasilitas umum yang rusak akibat bencana gempa Pidie Jaya.

 

Presiden Jokowi Kunjungi Pengungsi

Presiden Jokowi sempat mengunjungi SDN Peulandok Tunong, Gampong Peulandok Tunong, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, sesaat sebelum melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid At-Taqarrub.

SDN Peulandok Tunong kini telah menjadi tempat pengungsian dan Presiden disana bertemu para pengungsi serta sempat melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden Jokowi didampingi pula oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan beberapa Menteri. diantaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Plt. Gubernur Aceh Soedarmo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *