Ketua DPRD Minta Jalan yang Rusak Akibat Bekas Galian Pipa PDAM Diperbaiki

Ketua DPRD Kab. Bekasi, Sunandar.

Cikarang Pusat, Djapos.com – Bekas galian pipa PDAM di ruas Jl. Raya Cikarang-Cibarusah membuat kondisi jalan menjadi rusak dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Rusaknya jalan yang semula diaspal namun setelah digali hanya diurug dengan tanah

mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sebuah dump truk bernomor polisi B 9940 FYV yang dikemudikan Asep Rahman Ardan (41) tergelincir akibat lubang besar bekasi galian pipa PDAM hingga terguling dan menambrak mobil Suzuki Carry bernomor polisi T 8657 DU yang dikemudikan Endang Iwan (31), Selasa (20/2/2018) siang sekitar pukul 11.10 WIB .

Beruntung, akibat peristiwa yang terjadi di depan itu Masjid Kandang Roda Al Muqorrobin, Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kedua pengemudi yang terlibat kecelakaan hanya mengalami luka ringan.

Menanggapi rusaknya jalan akibat galian pipa PDAM, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Sunandar meminta agar jalan yang rusak untuk dirapihkan kembali. Menurut dia, sudah menjadi tanggungjawab pihak yang melakukan penggalian jalan untuk memperbaikinya kembali.

“Harusnya bekas galian itu dirapihkan lagi dengan baik, sehingga tidak membahayakan pengguna jalan. Ini kan tanggungjawab pihak terkait,” kata Sunandar Kamis (22/2/2018) pagi.

Bentuk galian apapun, kata dia, harus memperhatikan keselamatan masyarakat. Apalagi sambungnya, galian itu berada di jalan umum yang masuk wilayah Kabupaten Bekasi, meskipun kewenangannya provinsi.

“Saya yakin yang punya proyek itu paham SOP nya, kalau masih saja tidak mentaati berarti itu kecerobohan,” ucapnya.

Kalaupun itu belum selesai, lanjut Sunandar, harusnya diberi rambu-rambu bahwa jalan agar pengguna jalan mengetahui kalau jalan tersebut tidak aman untuk dilewati.

“Minimalnya kan masyarakat tahu kalau di sana ada bekas galian. Kalau tidak diberi rambu-rambu jelas membahayakan,” ujarnya.

Ia pun menghimbau agar pengguna jalan juga tetap berhati-hati dan selalu waspada saat melintas di jalur tersebut.

“Masyarakat juga harus berhati-hati dan tetap waspada saat berkendara,” kata dia.

 

Reporter : RZ

Foto : dok/DJP/RZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *