Irjen Pol Heru Winarko Dilantik Presiden Jokowi Jadi Kepala BNN

Kepala BNN yang baru Irjen Pol. Heru Winarko yang baru dilantik disalami Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (01/3/2018).

Jakarta, Djapos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (01/3/2018) pagi WIB.

Irjen Pol. Heru menggantikan Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Budi Waseso (Buwas) yang sebelumnya menjabat Kepala BNN dan mulai memasuki masa pensiunnya per 01 Maret 2018.

Pelantikan Irjen Pol. Heru Winarko yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor: 14/M/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNN tertanggal 28 Februari 2018.

Saat dilantik Presiden Jokowi, Heru bersumpah akan setia dan taat kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan rasa penuh tanggung jawab. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan amanah,” ucap Heru.

Irjen Pol. Heru Winarko berjanji akan meneruskan kebijakan pendahulunya Komjen Pol. Budi Waseso dalam memimpin BNN.

“Kita juga akan tingkatkan bagaimana pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi yang sesuai undang-undang, yang menjadi beban tugas dan tanggung jawab BNN bisa dilaksanakan secara optimal,” kata Irjen Pol. Heru.

Namun Lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1985 itu mengingatkan, bahwa pemberantasan narkoba ini bukan hanya tanggung jawab BNN tapi semua pihak.

“Narkoba adalah musuh kita bersama,” tegas Heru.

Untuk itu, Heru mengharapkan bantuan semuanya, dari pemangku kepentingan, semua instansi, dan semua warga negara Indonesia.

“Saya kira itu standar dalam penegakkan hukum, di BNN dan KPK tentu tidak jauh berbeda. Di sana (BNN) ada pencegahan, di KPK juga ada pencegahan. Kita akan coba yang baik, yang bagus, yang ada di masing-masing, kita sharing,” ungkap Heru.

Irjen Pol. Heru Winarko Kepala BNN yang baru saat bersalaman komando dengan pejabat sebelumnya Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Budi Waseso.

Sesuai Undang-Undang tentang Narkoba, Kepala BNN itu mengatakan, sudah ada aturan pencegahan, rehabilitasi, dan pemberantasan. Karena itu, ia berjanji akan mengoptimalkan. “Berjalan sinergis semuanya antara kedeputian yang ada,” ujarnya.

Sedangkan mengenai pesan dari pendahulunya di BNN, Heru mengatakan, bahwa dirinya dan Budi Waseso itu sudah kenal dari tahun 1981.

“Beliau senior saya, dan kita sama-sama sebagai anggota senat di taruna, banyak saya dapat bimbingan dan binaan dari beliau,” kata Budi seraya menambahkan, bahwa Budi Waseso telah menyampaikan kepada dirinya untuk melakukan serah terima memori pada Senin (5/3) mendatang.

 

 

Reporter : Noferi, Sunaryo

Foto : dok/DJP/NF/SN/SET

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *