Sambut Bulan Suci Ramadhan, Forkopimda Kabupaten Bekasi Bersih-bersih Masjid

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Menjelang bulan suci puasa Ramadan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan aksi bersih-bersih masjid, Jumat (9/4/2021). Aksi bersih-bersih dilakukan oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan, Dandim 0509 Letkol Kav Tofan Tri Anggoro bersama jajarannya, di Masjid Agung Nurul Hikmah Komplek Pemda Kabupaten Bekasi.

Selain aksi bersih-bersih, ketiganya juga mengecek tanda stiker shaf yang telah dibuat berjarak. Kesiapan peralatan protokol kesehatan (prokes) juga dicek agar saat pelaksaan ibadah di bulan Ramadan tetap menerapkan prokes.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, mengatakan kegiatan bersih-bersih masjid dilakukan serentak di seluruh Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

“Jadi saya bersama Kapolres, dan pak Dandim lakukan bersih-bersih di masjid pemda ini. Begitu juga di masjid-masjid lain se-Kabupaten Bekasi. Nantinya ini akan dilakukan setiap hari di bulan Ramadan,” kata Eka.

Eka menyebut, pada Ramadan tahun 2021 ini pelaksanaan ibadah tarawih diperbolehkan. Akan wajib menggunakan protokol kesehatan. Seperti jamaah wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Makanya kita atur shafnya agar berjarak, kapasitasnya dibatasi. Nanti ada tim yang mengawasi edukasi pelaksanaan ibadahnya terkait protokol kesehatannya,” ucapnya.

Sementara Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan kegiatan aksi bersih-bersih bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan ibadahnya di bulan Ramadan.

“Bahkan pak bupati menyampaikan tagline Ramadan berkah, Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Kepolisian TNI taglinenya tulus melayani. Tujuannya masyarakat dapat beribadah bahkan meningkatkan ibadahanya ini di era pandemi dengan baik dan benar,” katanya.

Ia berharap peningkatkatan ibadah itu tidak membuat meningkatnya Covid-19. Maka itu protokol kesehatannya dilakukan perketatannya.

“Dengan simbol kebersihan di masjid hari ini dan ini tidak hari ini saja, bahkan akan dilakukan setiap harinya akan menjaga mencegah penularan Covid-19,” ujar dia.

Ia menambahkan, para DKM masjid diminta terus menghimbau maupun mengedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik. “Diminta para DKM, imam masjid dapat memberikan edukasi ke jamaah dalam penerapan protokol kesehatan saat beribadah,” tutupnya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *