Pemkab Bekasi Perbolehkan Masyarakat Gelar Shalat Tarawih di Masjid

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memperbolehkan masyarakat melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid saat bulan suci Ramadan. Namun demikian pelaksanaan shalat tarawih wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Ibadah di zona merah boleh yang penting protokol kesahatannya baik, protokol kesehatan harus diperketat guna mencegah penyebaran virus corona,” kata Bupati Bekas, Eka Supria Atmaja, di Komplek Pemda Kabupaten Bekasi, pada Jumat (9/4/2021).

Eka meminta para pengurus masjid untuk terus mengedukasi jamaah agar menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan baik.Kemudian, diminta juga untuk mengawasi jamaah dalam penerapan prokesnya.

“Maka itu kan kita adakan gerakan Ramadan berkah, tiap hari pemerintah, kepolisian, TNI lakukan pembersihan masjid guna mencegah penyebaran corona,” ucap dia.

Sementara Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan menambahkan salat tarawih diizinkan dengan protokol kesehatan ketat.

“Tarawih ini sudah diperbolehkan sebagaimana salat Jumat, tetapi dengan prokes yang ketat,” katanya.

Hendra mengungkapkan pihaknya juga akan kembali meninjau protokol kesehatan di seluruh masjid Kabupaten Bekasi. Seperti penerapan jaga jarak tiap shaf salat. Kemudian akan digencarkan kembali sosialisasi serta edukasi kepatuhan protokol kesehatan di area masjid.

“Kami pasang stiker untuk jaga jarak dan kita juga akan pasang lagi spanduk untuk mengingatkan prokesnya,” ujar dia.

Ia juga meminta agar para pengurus ataupun DKM masjid sebelum melaksanakan salat agar selalu menyampaikan serta mengingatkan protokol kesehatan. Dihimbau juga agar pelaksanaan salat tarawih tidak lebih dari satu jam. “Kami menyampaikan setiap DKM diharapkan menjalani ibadah tarawihnya tidak lebih dari satu jam atau 45 menit. Sehingga tidak terlalu lama di dalam ruangan dengan jumlah orang yang cukup banyak,” tutupnya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ilustrasi/ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *