Pemkab Bekasi Himbau ASN Tetap di Rumah Selama Libur Lebaran

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Permkab) Bekasi menghimbau kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan keluarga untuk tidak mudik lebaran dan bepergian selama liburan lebaran.  Hal itu sesuai dengan larangan mudik lebaran yang ditetapkan pemerintah secara resmi  selama 6-17 Mei 2021.

“Saya mengimbau agar setiap ASN tidak kemana-mana. Karena dengan ini, akan menekan penyebaran Covid -19,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju, Senin (26/4/2021).

Ll=arangan mudik juga sudah diumumkan dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.  Kebijakan itu diperketat dengan dikeluarkanya Addendum atas SE Nomor 13 Tahun 2021 tersebut. 

“Pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) 2 pekan sebelum dan sepekan setelah masa peniadaan mudik, yakni 22 April-5 Mei 2021 dan 18-24 Mei 2021,” kata dia.

Uju meminta agar semua ASN mematuhi aturan itu. Jika kedapatan nekad mudik, akan diberikan sanksi tegas.”Tentu ada sanksinya, apalagi kan ada penyekatan. Malu kalau ketahuan mau mudik, ASN harus jadi contoh,” ujarnya.

Uju mengatakan, ASN diperbolehkan ke luar kota atau daerah jika keperluan kedinasan. Sesuai aturan pemerintah, itu juga harus dilengkapi izin dari atasan. “Harus ada izin keluar, itu juga hanya keperluan dinas atau kerja saja,” katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengakui akan adanya penjagaan di sejumlah ruas jalan. Ia mengatakan, simulasi pemutaran kendaraan pemudik sudah diuji coba belum lama ini.

“Sampai saat ini kita masih berkoordinasi dalam pengetatan kendaraan larangan mudik,” ucap dia.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ilustrasi/ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *