BPBD Kabupaten Bekasi Gelar latihan Simulasi Bencana di Meikarta

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menggelar pelatihan simulasi bencana. Latihan yang dilaksanakan di Meikarta, Senin (26/4/2021) itu bertepan denganHari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

“Kami lakukan simulasi kesiapsiagaan hadapi bencana Kabupaten Bekasi dengan mengambil tema gempa bumi. Simulasi ini juga dilakukan pemerintah daerah tingkat Kabupaten/kota, dimana setiap kota atau kabupaten juga menggelar simulasi demi kesiapsiagaan kita pada tahun ini,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln.

Henry Lincoln mengungkapkan, rangkaian simulasi disiapkan selama tiga hari dimulai sejak Sabtu 24 April sampai dengan hari ini. Dengan pelatihan simulasi ini pihaknya berharap masyarakat Kabupaten Bekasi dapat meningkatkan kewaspaaan dan siaga terhadap bencana, termasuk warga Kabupaten Bekasi yaang menghuni di Meikarta.

“Dengan tema terjadi gempa diskenariokan bangunan rubuh, lalu kita mulai melakukan simulasi evakuasi terhadap korban dengan kondisi apartemen Meikarta sudah terisi penghuni,” ucapnya.

Dipilihnya Meikkarta sebagai tempat latihan simulasi kata Henry Lincoln dikarenakan faktor akses mobilitas yang lebih mudah dan adanya gedung vertikal di Meikarta yang mendukung untuk digunakan sebagai tempat latihan simulasi bencana. Pemkab Bekasi, sambung Henry Lincoln, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pihak Meikarta yang telah mendukung pelatihan simulasi dengan menyediakan lokasi.

“Kami mengimbau operator apartemen agar bisa sesuaikan dengan apa yang dilakukan dalam simulasi ini, dan lakukan juga persiapan K3 untuk masyarakat. Latihan ini juga merupakan salah satu bentuk contoh pelatihan dan sosialisasi agar dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad, Said menambahkan, pemilihan spot di Meikarta sebagai tempat latihan simulasi bencana untuk melakukan simulasi edukasi dan pelatihan tentang ‘vertical rescue’. BPBD Kabupaten Bekasi kata dia, akan mempersiapkan seluruh gedung vertikal di Kabupaten Bekasi untuk pelatihan simulasi dalam upaya untuk mengantisipasi kesiapsiagaan bencana, seperti yang dilakukan bersama Meikarta.

“Bagaimana teknik penolongan korban korban bencana gempa di gedung ketinggian. Ada juga kegiatan lainya yang dipilih, yaitu bagaimana memberikan pertolongan bagi korban  bencana banjir, yang dilakukan di lokasi lain dekat sini,” kata dia.

Sementara itu Chief Marketing Officer’ Meikarta, Lilies Surjono mengatakan kerjasama antara pihaknya dan BPBD Kabupaten Bekasi melakukan latihan simulasi membuktikan Meikarta sebagai kota modern kembali membuktikan keseriusan dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penghuni. “Kami bertekad mewujudkan kota modern dengan standar keamanan yang baik, sehingga kami berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi menggelar simulasi penanggulangan bencana ini. Diharpkan dengan adanya kegiatan ini, pengelola Meikarta siap jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait bencana alam” kata dia, Rabu (28/4/2021).

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: ilustrasi/ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *