Fraksi Madani Minta Perbaikan Jalan Cikarang-Cibarusah Dikerjakan Tahun Ini

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Fraksi Madani Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi meminta perbaikan jalan Cikarang-Cibarusah terealisasi pada tahun ini. Jalan sepanjang 21 kilometer itu merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor.

“Harusnya tahun ini segera dibangun, tidak bisa tidak, karena kemacetan jalan sudah semakin parah, terlebih ketika jam pulang kerja, kemacetan bisa sampai 1 kilometer lebih,” kata Ketua Fraksi Madani DPRD Kabupaten Bekasi, Cecep Noor kepada djapos.com, Rabu (16/6/2021).

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini meminta keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam menyikapi persolan jalan Cikarang-Cibarusah. Menurutnya, tidak sedikit masyarakat yang mengeluh kemacetan yang panjanh di jalan Cikarang-Cibarusah.

“Karena kita waktu itu kan sudah rapat dengan wakil gubernur. Target tahun ini sudah harus realisasi. Saya sebagai anggota dewan di dapil satu yang meliputi wilayah cibarusah banyak ditanya oleh masyarakat terkait persoalan jalan Cikarang-Cibarusah,” ucap dia.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum meninjau lokasi jalan tersebut. Pada tahun ini, kata UU, Pemprov Jabar berkomitmen akan melakukan dua kegiatan terhadap jalan Cikarang-Cibarusah. Pertama pemeliharaan jalan dan kedua mengganti titik-titik kerusakan jalan yang tidak selesai dengan pemeliharaan saja agar tidak membahayakan pengendara yang melintas.

Anggaran pemeliharaan Jalan Cikarang-Cibarusah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat 2021 sebesar Rp60 juta setiap kilometer. Perbaikan kedua, dialokasikan untuk kerusakan jalan pada titik-titik yang tidak bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan anggaran perawatan saja. Untuk itu, karena harus ada tambal beton dan perbaikan lainya maka dianggarkan kembali sebesar Rp10 miliar. Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Kholik Qodratullah meminta pemerintah daerah agar terus berkordinasi dengan Gubernur Jawa Barat beserta jajaranya agar perbaikan maupun perawatan jalan tersebut segera direalisasikan. “Sebab, Kabupaten Bekasi sudah membebaskan lahan warga untuk pelebaran,” katanya.

Menurut dia, Jalan Cikarang-Cibarusah merupakan jalur utama menuju sejumlah kawasan industri di Kabupaten Bekasi sehingga kerap menyebabkan kepadatan lalu lintas. Kondisi ini diperparah dengan kerusakan di sejumlah titik ruas jalan tersebut. “Kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Jalan sepanjang 21 kilometer itu melintasi tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi yakni Kecamatan Cikarang Selatan, Serang Baru, dan Kecamatan Cibarusah. Apalagi, jalan tersebut merupakan jalan akses menuju Kabupaten Bogor dengan jalan akses perekonomian wilayah Selatan Bekasi.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto: dok djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *