Pemkab Bekasi Akan Rekrut Nakes Tangani Covid-19

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan merekrut tenaga kesehatan (nakes) untuk penanganan covid-19. Perekrutan itu guna menambah nakes yang ada di puskesmas.

“Kami akan merekrut relawan nakes untuk menambah kuota 2 sampai 3 kali lipat dari nakes yang ada di Puskesmas,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan, Kamis (5/8/2021).

Dia berharap dengan perekrutan itu nantinya layanan reguler di Puskesmas bisa berjalan dengan baik, selain untuk penanganan covid-19.

Menurut Dani, salah satu permasalahan penanganan covid-19 adalah kurangnya tenaga vaksinasi di tiap-tiap desa, sehingga membuat vaksinasi di desa kurang optimal. 

“Kabupaten Bekasi sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi untuk mengejar target herd immunity yang kuat. Sehingga kita butuh nakes untuk menyuntikan vaksin Sinovac maupun astrazeneca yang disediakan oleh TNI dan Polri untuk desa,” katanya.

Dani mengungkapkan perekrutan nakes menggunakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan pandemi covid-19 sebesar Rp 185 miliar.

“Anggaran refocusing untuk penanggulangan covid-19 dikumpulkan dari dana masing-masing dinas yang ada di lingkungan Pemkab Bekasi. Hal ini dilakukan untuk lebih mengoptimalkan penanggulangan pandemi di Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mengatakan jumlah nakes di Kabupaten Bekasi ada sekirar 10.867. Baik itu tenaga kesehatan di RSUD Kabupaten Bekasi, puskesmas, maupun rumah sakit swasta.

Untuk jumlah penambahan relawan nakes masih dalam proses pematangsn, sebab, harus sesuai kebutuhan di lapangan.

“Ya memang jumlah nakes kita masih kurang, apalagi jika terjadi lonjakan kasus covid-19 ini. Dalam waktu dekat akan segera ditambah,” ucap Enny.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto:
 ilustrasi/djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *