Pemkab Bekasi Intens Edukasi Vaksin Covid-19

Kabupaten Bekasi, Djapos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus intens melakukan edukasi kepada masyarakat terkait vaksin covid-19. Hal itu sebagai upaya memenuhi kekebalan komunal (herd immunity) di wilayah Kabupaten Bekasi.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, petugas 3 pilar terus melakukan pendekatan secara persuasif dengan cara menyambangi rumah warga-warga. Terutama bagi mereka yang kesulitan mendatangi gerai vaksin saat pagi hingga siang hari.

“Juga karena faktor keterbatasan waktu ya, mereka bekerja di sawah pagi sampai sore, jadi kami sambangi mereka malam-malam, enggak berhenti kami lakukan edukasi,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Sementara Camat Tambun Utara Najdmuddin menjelaskan meski kini wilayahnya telah memenuhi kriteria kecamatan dengan kekebalan komunal (herd immunity) sebesar 76,6 persen, namun pihaknya masih terus menggencarkan vaksinasi. Terutama bagi desa dengan persentase capaian vaksinasi terendah. Tercatat sebanyak 3 dari 8 desa di Tambun Utara yang belum mencapai kekebalan komunal.

“Masih ada tiga desa lagi yang capaiannya di bawah 60 persen. Pertama Satriajaya, Srimahi dan Srimukti,” kata Najmuddin.

Ia merinci, dari total target sebanyak 18.885 penduduk, baru 11.289 orang di Desa Satriajaya yang divaksin dosis pertama, atau setara dengan 59,73 persen.

Kemudian di Desa Srimahi, target vaksinasi ditetapkan sebanyak 9.989 orang, namun yang divaksinasi baru mencapai 5.037 orang, atau setara dengan 50,41 persen.

“Kalau di Desa Srimukti targetnya 10.556 orang, sekarang baru sebanyak 5.966 warga yang telah menerima vaksin,” ucap dia.

Najmuddin mengakui bahwa pihaknya terkendala masalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di desa tersebut. Alhasil, para petugas membutuhkan pendekatan dan edukasi lebih intens. “Kami terus lakukan sosialisasi kepada mereka meski memang kendalanya banyak. Apalagi memang secara pendidikan, mereka, mohon maaf, masih kurang. Tapi tidak begitu saja kami diamkan, karena bagaimana pun adalah kewajiban kami untuk merangkul semua warga,” ujarnya.

Rz – Djapos.com
Editor: R Radhitya Ardywan
Foto:
 ilustrasi/djapos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *